Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embrio PRJ di Monas Panas-Dingin

Kompas.com - 14/06/2013, 17:55 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara Pekan Produk Kreatif Daerah atau PPKD 2013 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, resmi dibuka, Jumat (14/6/2013) sore. pengunjungnya banyak, tetapi suasananya panas-dingin.

Pantauan Kompas.com, ribuan orang mulai memadati lokasi acara yang disebut-sebut sebagai embrio pesta rakyat Jakarta itu. PPKD diselenggarakan di pelataran Monas dekat patung kuda Arjuna Wijaya. Ada tiga area dalam acara itu. Area pertama ditempati oleh 140 usaha kecil menengah yang menggelar pameran di dalam tenda. Area kedua menyambung dengan area pertama, yakni kursi bagi pengunjung yang menghadap panggung utama sebagai area ketiga.

Perbedaan suhu sangat terasa antara area usaha kecil dan area lain. Di dalam tenda seluas setengah lapangan bola yang ditempati usaha-usaha kecil, ribuan pengunjung berkeringat sambil mengipasi wajahnya. Sementara itu, di area kursi penonton, suasananya lebih sejuk.

"Di dalam ada standing AC, tapi mati. Makanya, enakan di sini (area kedua)," ujar Ayu Prima (23), salah satu karyawan yang menjadi pengunjung.

Kondisi tersebut menyebabkan pengunjung tak betah berlama-lama di area usaha kecil dan menengah. Mereka memilih berdesak-desakan ke bangku pengunjung sambil melihat-lihat panggung utama. Di panggung itulah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memberikan sambutannya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyebut PPKD ini sebagai uji coba digelarnya pesta rakyat Jakarta. Pesta rakyat akan diselenggarakan mulai tahun depan.

Pengunjung di acara PPKD ini tidak dipungut biaya. Acara itu dimeriahkan dengan workshop, akrobat jalanan, parade Nona Jamu, teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, tari-tarian, dan wayang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com