Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal Jalan Diblokade, Warga Hajar Mahasiswa

Kompas.com - 14/06/2013, 17:59 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Beberapa mahasiswa yang berunjuk rasa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengalami luka cukup parah setelah dihajar warga yang kesal karena para pendemo memblokade jalan, Jumat (14/6/2013).

Seperti diberitakan, ratusan mahasiswa berdemonstrasi di depan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) dan menutup total dua jalur di Jalan AP Pettarani yang merupakan jalan trans-Sulawesi selama lima jam. Akibatnya, arus kendaraan dialihkan ke jalur alternatif lainnya.

Warga bergerak ketika ratusan polisi tiba di Jalan AP Pettarani. Warga kemudian mengambil batu dan beramai-ramai menyerang para pengunjuk rasa. Polisi baru membentuk barikade, tetapi warga sudah berhasil memukul mundur mahasiswa.

Beberapa pendemo yang tertangkap warga kemudian dihajar beramai-ramai. Aparat kepolisian berkali-kali melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk menghentikan aksi warga. Namun, warga tetap memukuli mahasiswa yang tertangkap.

Setelah dipukul mundur, mahasiswa berlarian masuk kampus meskipun beberapa orang masih sempat melempari aparat kepolisian yang membentuk barikade dengan tameng.

Kini arus lalu lintas di Jalan AP Pettarani kembali lancar meskipun sesekali terdengar suara batu yang mengenai kendaraan yang melintas di depan kampus UNM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com