Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamer Program "Monas Bawah Tanah", Basuki Disambut Riuh

Kompas.com - 14/06/2013, 20:00 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara resmi membuka acara Pekan Produk Kreatif 2013 di pelataran Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2013). Dalam sambutan, ia membeberkan program pembangunannya, yakni "Monas Bawah Tanah". Program apa itu?

Dengan semangat, pria yang kerap disapa Ahok itu mengatakan bahwa tahun ini ia telah memberikan usulan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk melakukan sebuah perencanaan desain terperinci tentang "Monas Bawah Tanah". Kawasan Monas akan dibuatkan ruang bawah tanah.

"Bagaimana membangun di bawah Monas ini, (dibangun untuk) parkiran dan pusat usaha mikro dan produk kreatif," ujarnya.

Sambutannya itu langsung mendapat sambutan riuh dari ribuan pengunjung di acara itu. Mereka bersorak-sorai dan bertepuk tangan. Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, ruang bawah tanah di Monas itu akan terkoneksi dengan Stasiun Gambir di samping Monas. Hal itu dimaksudkan agar para pengunjung mudah mengakses tempat tersebut. Ruang bawah tanah itu akan mulai dibangun tahun 2014.

Ahok menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI memikirkan prospek pariwisata jangka panjang di area Monas. Menurutnya, jika pembangunan ruang bawah tanah di Monas jadi dilakukan, UKM di Jakarta akan memiliki tempat usaha yang strategis. Di sisi lain, hal itu akan merangsang kunjungan wisatawan di Jakarta.

"Kalau ini bisa dilakukan, sepanjang hari orang kalau datang ke Indonesia, mau cari makanan khas Jakarta, khas Indonesia, termasuk produk kreatif, datang ke Monas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com