Kompas.com - 14/06/2013, 20:00 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara resmi membuka acara Pekan Produk Kreatif 2013 di pelataran Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2013). Dalam sambutan, ia membeberkan program pembangunannya, yakni "Monas Bawah Tanah". Program apa itu?

Dengan semangat, pria yang kerap disapa Ahok itu mengatakan bahwa tahun ini ia telah memberikan usulan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk melakukan sebuah perencanaan desain terperinci tentang "Monas Bawah Tanah". Kawasan Monas akan dibuatkan ruang bawah tanah.

"Bagaimana membangun di bawah Monas ini, (dibangun untuk) parkiran dan pusat usaha mikro dan produk kreatif," ujarnya.

Sambutannya itu langsung mendapat sambutan riuh dari ribuan pengunjung di acara itu. Mereka bersorak-sorai dan bertepuk tangan. Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, ruang bawah tanah di Monas itu akan terkoneksi dengan Stasiun Gambir di samping Monas. Hal itu dimaksudkan agar para pengunjung mudah mengakses tempat tersebut. Ruang bawah tanah itu akan mulai dibangun tahun 2014.

Ahok menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI memikirkan prospek pariwisata jangka panjang di area Monas. Menurutnya, jika pembangunan ruang bawah tanah di Monas jadi dilakukan, UKM di Jakarta akan memiliki tempat usaha yang strategis. Di sisi lain, hal itu akan merangsang kunjungan wisatawan di Jakarta.

"Kalau ini bisa dilakukan, sepanjang hari orang kalau datang ke Indonesia, mau cari makanan khas Jakarta, khas Indonesia, termasuk produk kreatif, datang ke Monas," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.