Kompas.com - 14/06/2013, 23:27 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengenakan baju koko putih berlengan panjang, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membuka Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013, di Monumen Nasional, Jumat (14/6/2013), dengan memukul bedug selama satu menit. Setelahnya, Ahok berkeliling melihat stan.

Di salah satu stan yang menjual aneka makanan khas Betawi, yaitu kerak telor dan bir pletok, Ahok berbincang dengan pemiliknya.

"Gimana, Bu, senang enggak jualan di sini," tanya Ahok.

"Senang, Pak, gratis enggak kaya di Kemayoran, mahal," ujar sang penjual.

Mendengar itu, Ahok tersenyum sambil mengangguk-angguk kepala.

Seusai berkeliling, Ahok mengatakan kepada wartawan bahwa kawasan Monas memang diproyeksikan Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi pusat produk kreatif masyarakat Jakarta. Ia pun mengaku yakin, jika kegiatan UKM warga DKI Jakarta dilaksanakan secara terpusat, kesejahteraan warga akan meningkat.

"Coba kita lihat. Produk kreatif yang dihasilkan, tapi bagaimana mempromosikan barang ini, tempatnya tidak ada," ujar Ahok.

Ahok juga mengungkapkan tahun ini Pemprov DKI Jakarta  telah mengusulkan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk merencanakan secara detail pembangunan "Monas Bawah Tanah", yang akan mulai dibangun pada 2014.

Menurutnya, jika pembangunan "Monas Bawah Tanah" jadi dilakukan, usaha kecil menengah di DKI memiliki tempat usaha yang strategis sekaligus meningkatkan nilai pariwisata Ibu Kota.

"Di Jakarta ini, kalau ada tempat, semuanya bisa jadi kaya raya dan berhasil," ujarnya optimistis.

PPKD 2013, menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, merupakan embrio pesta rakyat yang akan digelar pada 2014. PPKD 2013 menampilkan berbagai hal tentang Betawi, antara lain teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, dan tari-tarian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.