Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Zombie" Ramaikan PPKD 2013

Kompas.com - 15/06/2013, 00:02 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengunjung acara PPKD atau Pekan Produk Kreatif Daerah 2013 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2013) mendadak heboh. Belasan zombie tiba-tiba masuk ke tengah-tengah acara sehingga sejumlah pengunjung berlari karena ketakutan.

Sebagian pengunjung yang tidak takut malah membalas menakut-nakuti zombie-zombie itu. Beberapa di antaranya bahkan berfoto bersama para zombie itu.

"Aneh banget sih, masak di acara kayak gini ada zombie. Tapi keren sih. Kalau di PRJ (Kemayoran) kan enggak ada, adanya rumah hantu doang," ujar seorang pengunjung yang berfoto dengan zombie-zombie tersebut, Rilik Adiriyanto (25).

Sebenarnya siapa sih zombie-zombie itu? Mereka adalah anggota Komunitas Indonesia Zombie Club. Menurut Kepala Pemasaran dan Komunikasi Indonesia Zombie Club, Eric Kairupan, komunitasnya diundang tampil di PPKD 2013 karena dinilai merupakann bagian industri kreatif.

"Ini kali kedua kita diundang dalam acara ini. Kami dianggap bagian dari industri kreatif seni merias wajah, karena itu diundang," ujar Eric

Untuk pertunjukan kali ini, menurut Eric, ia membawa 25 orang anggota Komunitas Indonesia Zombie Club. Ke-25 orang itu bertugas menyambut dan mengawal Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masuk ke dalam acara saat pembukaan PPKD, Jumat (14/6/2013) sore.

"Besok juga ada, tapi masih rahasia," tukas Eric.

Eric juga mengaku berharap, PPKD tak hanya menjadi ajang untuk usaha kecil dan menengah saja, tetapi juga bagi komunitas industri kreatif seperti komunitasnya.

"Sekalian menjadi ajang kami berkreasi," tambahnya.

PPKD, menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, merupakan embrio pesta rakyat Jakarta yang akan diselenggarakan pada 2014. PPKD 2013 menampilkan 140 stan usaha kecil dan menengah, akrobat jalanan, parade nona jamu, teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, tari-tarian, dan wayang. Peserta tidak dipungut biaya.

PPKD 2013 dibuka pada Jumat (14/6/2013) dan akan berakhir pada Minggu (16/6/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com