Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Orang Malaysia Senang Belanja ke Jakarta

Kompas.com - 15/06/2013, 12:06 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo menceritakan pengalaman berkunjung ke Negeri Jiran, Malaysia. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku, rombongannya mendapat sambutan yang meriah oleh warga di Malaysia. Tidak hanya warga biasa, bahkan salah satu pejabat tinggi di sana juga mengaku kagum.

"Sampai Menteri Kominfo sana ngomong, wah ini kalau Jokowi kayak begini promosinya, orang Malaysia bisa ke Jakarta semua. Ini bukan saya yang ngomong loh," ujar Jokowi saat ditemui di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Sabtu (15/6/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, di Malaysia, rombongannya tidak hanya fokus di atraksi kebudayaan, tetapi juga langsung menarik wisatawan Malaysia untuk mengunjungi Jakarta. Salah satunya ialah menggedor agen perjalanan Malaysia untuk memperkenalkan wisata Jakarta.

Namun, Jokowi membeberkan, pihaknya tidak mempromosikan tempat-tempat wisata yang telah populer di Jakarta, semisal Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan destinasi wisata lainnya. Jokowi hanya mempromosikan tempat tertentu sesuai dengan karakter wisatawan asal Malaysia.

"Orang Malaysia senangnya shopping. Mereka itu banyak yang belum kenal Thamrin, Kemang, Citos. Tempat seperti itu nggak ada mereka. Kalau Ancol, TMII, mereka ngertilah," ujarnya.

Menjelang malam, lanjut Jokowi, rombongannya menggelar pameran-pameran budaya Betawi dan ditutup oleh penampilan penyanyi terkenal, Rossa, dan grup band Ungu. Jokowi mengatakan, suasana acara tersebut sangat riuh hingga tidak ada tempat duduk kosong dalam acara tersebut.

Jokowi berharap promosi tersebut efektif untuk menarik minat wisatawan Malaysia. Dari sisi pemerintahannya, ia pun mengakui masih banyak infrastruktur yang butuh perbaikan.

"Harus ada banyak perubahan. Salah satunya perubahan pelayanan karena keluhan mereka banyak. Itu yang kami perbaiki," lanjut Jokowi. Sebelumnya, Jokowi menghadiri pertunjukan Enjoy Jakarta di area Taman Tasik Madu, Kuala Lumpur, Jumat (14/6/2013) malam. Ia menjadi magnet dalam acara tersebut. Di tengah-tengah pertunjukan, Jokowi turun dari panggung VIP dan bergabung dengan penonton di tribun biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com