Kompas.com - 15/06/2013, 16:26 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Marketing PT Jakarta International Expo (PT JIExpo) Ralph Scheunemann merasa tak tersaingi dengan penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) DKI 2013 oleh Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, pihak media lah yang membuat opini kalau PPKD merupakan Pekan Raya Jakarta (PRJ) tandingan Jakarta Fair yang diselenggarakan PT JIExpo.

"Itu kan kata wartawan, kalau acara itu adalah PRJ tandingan. Tapi bagi kami, itu bukan PRJ tandingan. Bagi kami, kami tetap menjalankan Jakarta Fair," kata Ralph, di arena PRJ Kemayoran, Sabtu (15/6/2013).

Apabila Pemprov DKI ingin membuat pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pihak PT JIExpo mendukung penuh. Namun, di sisi lain, PT JIExpo akan tetap menyelenggarakan Jakarta Fair dengan konsep yang sama dengan sebelumnya dan tidak dapat lagi diubah. Bahkan, Ralph menyarankan, pameran produk UMKM itu dapat diselenggarakan di lima wilayah di Ibu Kota, dan bukan di arena PRJ Kemayoran yang luasnya mencapai 44 hektar tersebut.

"Bisa saja Pemda bikin acara di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan sebagainya. Tidak harus diselenggarakan di Kemayoran sini. Kita tetap jalan sebagai induknya dan didukung oleh yang lain," kata Ralph.

Lebih lanjut, Ralph menjelaskan kalau PPKD sudah berlangsung tiap tahunnya di DKI, dan diselenggarakan di Balai Kartini. Hanya saja, untuk tahun ini, pagelaran tersebut dipindahkan ke Monumen Nasional (Monas) dan dianggap sebagai embrio PRJ yang akan diselenggarakan DKI ke depannya.

Berdasarkan konsepnya saja, kata dia, sudah berbeda jauh. Konsep Jakarta Fair oleh PT JIExpo adalah kombinasi dan perpaduan usaha swasta dan UKM.

"Kita lihat saja dan kita dukung itu. Kita ini pameran terbesar yang terus mendongkrak perekonomian yang meluber. Meluber di sini misalnya saja, sepanjang Jalan Benyamin Syuaeb banyak berjejer pedagang kerak telor. Mereka bukan kita yang kelola, tapi itu justru menciptakan nafkah hidup bagi mereka," kata Ralph.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013. PPKD 2013 diselenggarakan mulai 14 hingga 16 Juni 2013 di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI sekaligus Ketua Penyelenggara PPKD 2013 Andi Baso Mappapoleonro mengatakan PPKD 2013 merupakan salah satu acara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi DKI Jakarta ke-486.

Selain itu, kegiatan tersebut dapat menjadi embrio bagi penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang baru. Wacana pemindahan PRJ ke Monas sudah menjadi perhatian khusus para pelaku bisnis, khususnya pengusaha mikro dan kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.