Kompas.com - 15/06/2013, 21:20 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagelaran Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) di Monumen Nasional menyedot perhatian warga untuk berkunjung ke acara tersebut. Sayangnya, pengelolaan parkir di tempat itu kurang memadai. Parkir pun meluap hingga jalur transjakarta sehingga menyebabkan kemacetan di silang Monas.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, Sabtu (15/6/2013), kemacetan terjadi di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Timur, dan Medan Merdeka Barat. Hal ini dikarenakan sebagian dari jalan tersebut dipakai untuk parkir kendaraan orang yang akan berkunjung ke acara PPKD. Walau sudah ada tempat parkir yang telah disediakan, yakni di tempat parkir IRTI Monas, akan tetapi tempat itu tidak dapat menampung seluruh pengunjung yang akan berkunjung ke acara yang disebut-sebut sebagai cikal bakal pesta rakyat tersebut.

Para pengunjung terpaksa harus memarkirkan kendaraannya di luar Monas. Bahu jalan, trotoar, bahkan busway di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan dipakai untuk memarkirkan kendaraan.

Kasat Lantas Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Slamet Widodo mengatakan, polisi tidak dapat berbuat apa-apa selain memantau arus lalu lintas. Ia mengatakan, tidak ada kerja sama dengan dinas terkait untuk mengamankan situasi lalu lintas sekitar selama pagelaran berlangsung.

"Dari dinasnya sendiri tidak ada koordinasi sih. Ini saja kita inisiatif sendiri," ujarnya.

Slamet menilai, seharusnya acara ini dibarengi dengan pengelolaan perparkiran yang baik sehingga kacetan akibat parkir di bahu jalan dapat teratasi. Ia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa melihat banyaknya parkir liar di sepanjang kawasan silang Monas. Ia mengatakan, polisi hanya fokus memperlancar lalu lintas.

"Mau nangkep (parkir liar), siapa yang mau ditangkap? Ini saja saya enggak tahu lagi ngaturnya gimana. Ya, namanya juga pesta rakyat," kata Slamet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari pantauan di lapangan, ratusan mobil tampak berjejer di bahu jalan dan busway. Sementara itu, banyak sepeda motor diparkir di trotoar, bahkan ada beberapa sepeda motor yang "dititipkan" di halte transjakarta.

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X