Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir PRJ Monas Bikin Macet, Polisi "Nyerah"

Kompas.com - 15/06/2013, 21:20 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagelaran Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) di Monumen Nasional menyedot perhatian warga untuk berkunjung ke acara tersebut. Sayangnya, pengelolaan parkir di tempat itu kurang memadai. Parkir pun meluap hingga jalur transjakarta sehingga menyebabkan kemacetan di silang Monas.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, Sabtu (15/6/2013), kemacetan terjadi di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Timur, dan Medan Merdeka Barat. Hal ini dikarenakan sebagian dari jalan tersebut dipakai untuk parkir kendaraan orang yang akan berkunjung ke acara PPKD. Walau sudah ada tempat parkir yang telah disediakan, yakni di tempat parkir IRTI Monas, akan tetapi tempat itu tidak dapat menampung seluruh pengunjung yang akan berkunjung ke acara yang disebut-sebut sebagai cikal bakal pesta rakyat tersebut.

Para pengunjung terpaksa harus memarkirkan kendaraannya di luar Monas. Bahu jalan, trotoar, bahkan busway di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan dipakai untuk memarkirkan kendaraan.

Kasat Lantas Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Slamet Widodo mengatakan, polisi tidak dapat berbuat apa-apa selain memantau arus lalu lintas. Ia mengatakan, tidak ada kerja sama dengan dinas terkait untuk mengamankan situasi lalu lintas sekitar selama pagelaran berlangsung.

"Dari dinasnya sendiri tidak ada koordinasi sih. Ini saja kita inisiatif sendiri," ujarnya.

Slamet menilai, seharusnya acara ini dibarengi dengan pengelolaan perparkiran yang baik sehingga kacetan akibat parkir di bahu jalan dapat teratasi. Ia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa melihat banyaknya parkir liar di sepanjang kawasan silang Monas. Ia mengatakan, polisi hanya fokus memperlancar lalu lintas.

"Mau nangkep (parkir liar), siapa yang mau ditangkap? Ini saja saya enggak tahu lagi ngaturnya gimana. Ya, namanya juga pesta rakyat," kata Slamet.

Dari pantauan di lapangan, ratusan mobil tampak berjejer di bahu jalan dan busway. Sementara itu, banyak sepeda motor diparkir di trotoar, bahkan ada beberapa sepeda motor yang "dititipkan" di halte transjakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com