Jokowi Pikat Warga Malaysia

Kompas.com - 16/06/2013, 05:29 WIB
Editor

Kuala Lumpur, Kompas - Pertunjukan budaya Enjoy Jakarta 2013 berlangsung sukses di Kuala Lumpur, Malaysia. Paling tidak 2.000 penonton negeri jiran dan warga Indonesia sama-sama puas. Mereka terhibur oleh pertunjukan seni yang berlangsung sekitar tiga jam.

”Sukses ini kerja bersama. Penyanyi, penari, penyelenggara acara sama-sama berkontribusi. Format promosi wisata yang ideal seharusnya seperti ini, ada forum bisnis dilengkapi dengan pertunjukan seni,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta Arie Budiman, Sabtu (15/6), seperti dilaporkan wartawan Kompas, Andy Riza Hidayat, dari Kuala Lumpur.

Format acara seperti ini akan dikembangkan di pasar-pasar potensial lainnya, seperti China, Asia Timur, dan Timur Tengah. Promosi seperti ini, kata Arie, perlu lebih gencar. Perlu kreativitas di tengah keterbatasan anggaran promosi.

Anggota Komisi B (Bidang Ekonomi) DPRD DKI Jakarta, Detian Coriza, menyampaikan selamat kepada semua pihak yang terlibat. Dia menilai, Enjoy Jakarta 2013 di Kuala Lumpur berhasil menarik perhatian warga setempat.

”Soal dana promosi wisata yang belum banyak, kami akan coba perjuangkan di Dewan,” kata Detian. Dia salut karena acara pada Jumat malam itu terselenggara berkat kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan sejumlah pebisnis Malaysia, salah satunya maskapai AirAsia.

Enjoy Jakarta 2013 yang berlangsung di Taman Tasik Perdana, Kuala Lumpur, mampu memikat penonton hingga akhir pertunjukan. Enjoy Jakarta berlangsung cair dan interaktif. Penyanyi, penari, pemandu acara, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berhasil membuat semua yang hadir terkesan.

Selain penyanyi Indonesia dan Malaysia, kesan paling menonjol dari pertunjukan itu adalah tata panggung dan tarian budaya Nusantara. Sejumlah unsur budaya, termasuk Betawi, ditampilkan dalam kemasan menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar lagu yang dibawakan dalam pertunjukan itu sangat populer di telinga penonton. Penonton bernyanyi bersama, sebagian berdiri sambil melambaikan tangan. Peristiwa seperti ini terlihat saat Pasha Ungu, Rossa, dan Amy Search menyanyikan lagu andalan mereka.

Jokowi di tribune

Keakraban semakin lengkap saat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tiba-tiba turun dari panggung VIP, bergabung dengan penonton duduk di tribune. Desak-desakan tidak terhindarkan. Mereka berebut meminta berfoto bersama dan bersalaman serta merangkul Gubernur.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.