Kompas.com - 16/06/2013, 09:26 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua organisasi kemasyarakatan yang terlibat bentrokan di Jalan Barito 2 (bukan Barito 1)—tak jauh dari Taman Ayodya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (15/6/2013) malam—dipastikan adalah Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP).

Kepala Polsek Metro Kebayoran Baru AKBP Anom Setyadji mengatakan, diduga bentrokan dipicu anggota FBR yang mencabut umbul-umbul milik PP dalam rangka acara Isra Miraj yang dilaksanakan pada Minggu (16/6/2013) pagi ini.

"Keterangan saksi di TKP bahwa korban mencabuti umbul-umbul PP yang terpasang di Jalan Barito 2, kemudian terlihat oleh kelompok pemuda lainnya yang langsung dianiaya menggunakan sajam (senjata tajam)," urai Anom, pagi ini.

Menurut Anom, berdasarkan keterangan saksi mata, sekitar pukul 23.30 WIB, segerombolan pengendara motor berjumlah 18 orang datang dari arah Jalan Gandaria Tengah 3.

Sesampai di lokasi, mereka langsung melakukan penurunan atribut-atribut PP di sekitar Jalan Barito Raya dan kemudian dilanjutkan ke Jalan Barito 2.

Tak lama kemudian, lanjut Anom, terdengar keributan dan orang berlarian sambil teriak ke arah Taman Ayodya. Saat saksi mata melihat ke sumber keributan, sesosok tubuh telah tergeletak di pinggir jalan dalam keadaan luka-luka bersimbah darah.

"Mayat langsung dikirim ke RS Fatmawati dan sweeping (langsung dilakukan terhadap) kelompok PP yang nongkrong di Taman Ayodya. Selain itu juga dilakukan penyitaan sajam dan backup pasukan dalmas dari Polres Metro Jakarta Selatan untuk mencegah meluasnya konflik," ungkap Anom.

Satu orang tewas dalam peristiwa tersebut bernama Ramlan (43), warga Jalan Keramat, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dia mengalami luka bacok di bagian kanan depan kepala, bagian belakang kepala, kiri punggung, dan sebelah kanan dada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.