Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pesta Rakyat Jakarta Sepuluh Kali Lebih Besar dari PPKD

Kompas.com - 17/06/2013, 11:31 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PPKD atau Pekan Produk Kreatif 2013 di Monas, 14-16 Juni 2013 kemarin, merupakan ujicoba Pesta Rakyat Jakarta. Nantinya, kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Pesta Rakyat Jakarta akan berskala 10 kali lebih besar dari acara uji coba tersebut.

"Yang kemarin paling baru sepersepuluhnya, nanti (Pesta Rakyat Jakarta) akan sepuluh kali lipat dengan yang ada kemarin," ujar Jokowi di Gedung Balaikota, Senin (17/6/2013) pagi.

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, pihaknya akan menggelar rapat pada Selasa (18/6/2013) dengan sejumlah dinas. Jokowi ingin melakukan evaluasi aspek-aspek di acara yang disebut-sebut sebagai embrionya Pesta Rakyat Jakarta pada tahun 2014 mendatang.

Adapun, poin-poin yang menjadi evaluasi adalah manajemen perparkiran, pengelolaan sampah, rekayasa lalu lintas di sekitar acara, termasuk lalu lintas pengunjung di area, segi promosi acara hingga fasilitas di dalam acara. Hasil evaluasi itu akan diputuskan tiga bulan mendatang, yakni Agustus 2013.

"Memang ada kekurangan kemarin, ini kan baru ujicoba, jadi kita sudah ngerti mana yang harus dibenahi, yang harus diperbaiki," lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi melihat PRJ di JIExpo di Kemayoran, Jakarta, tidak merepresentasikan menyambut hari ulang tahun Jakarta. Pasalnya, konten acara itu kebanyakan industri raksasa, sementara ciri khas Betawi malah terpinggirkan.

Gubernur yang hobi blusukan itu merencanakan sebuah acara yang mengakomodir usaha kecil menengah berbasis masyarakat dan kebudayaan Betawi. Meski belum memutuskan akan digelar di mana, Jokowi melakukan ujicoba acara itu pada acara PPKD yang telah digelar 14-16 Juni 2013 kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com