Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Banjir Pademangan, Jokowi Ogah Basah-basahan

Kompas.com - 17/06/2013, 16:42 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo blusukan ke RT 03 RW 07, Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Timur, Senin (17/6/2013) sore. Lokasi tersebut adalah lokasi yang tengah dilanda banjir pasang air laut atau rob sejak satu minggu silam.

Semula, Jokowi mengunjungi pompa pengendali banjir di Ancol Barat, Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara. Seusai melihat tiga unit pompa air yang rusak sekaligus melakukan koordinasi lapangan dengan sejumlah instansi, Jokowi lalu bertolak ke permukiman yang dilanda rob, yakni Pademangan Barat.

Lokasi blusukan Jokowi yakni di SPBU Jalan Budi Mulya, sekitar 500 meter dari Jalan Gunung Sahari. Untuk mencapai ke lokasi tersebut, mobil dinas yang ditumpangi sang gubernur harus menerjang genangan banjir setinggi sekitar 40 sentimeter. Iring-iringan mobil disambut oleh puluhan anak kecil yang berlarian di tengah banjir.

Sesampainya di SPBU itu, salah seorang ajudan tampak mempersiapkan sepasang sepatu bot untuk sang gubernur. Namun, Jokowi menolak. "Enggak usah mesti ke sana-ke sana," ujar Jokowi. Sepatu itu pun diambil kembali oleh ajudan.

Seperti biasanya, kedatangan mantan Wali Kota Surakarta itu menarik ratusan warga sekitar untuk datang. Jokowi pun menginstruksikan warga untuk berbaris. Ia telah mempersiapkan sejumlah bantuan bagi warga. Adapun bantuan itu yakni sembako, peralatan sekolah, dan lainnya.

Cahya Nur Alam (11), siswa kelas 5 SDN 02 Pademangan Barat, mengaku senang mendapat bantuan berupa peralatan sekolah. Pasalnya, peralatan sekolahnya turut terendam banjir. "Di rumah banjir semata, Kak. Hari ini saja saya enggak masuk sekolah sama Jumat kemarin," ujarnya.

Banjir rob di Pademangan telah memasuki hari ke tujuh. Penyebab banjir itu adalah tak berfungsinya tiga unit pompa penyedot air di Ancol Barat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum tengah memperbaiki pompa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com