Kompas.com - 17/06/2013, 16:56 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Melihat potensi wisata belanja di kawasan Pasar Baru, Pemprov DKI Jakarta rencananya akan memasukkan Pasar Baru dalam Destinasi Wisata Kota Jakarta. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pasar Baru dapat dijadikan wisata belanja dengan harga produk murah, tetapi tidak kalah bersaing dengan produk lainnya yang dijual di pusat perbelanjaan ternama.

"Orang bisa berbelanja di Pasar Baru itu minimal ada produk-produk lokal yang diperjualbelikan. Suasana di Pasar Baru juga bisa dibuat jalan-jalan. Jadi, cocok dijadikan destinasi wisata," kata Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Senin (17/6/2013).

Oleh karena itu, ia akan meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI untuk memasukkan Pasar Baru dalam daftar destinasi wisata Kota Jakarta sehingga transaksi jual beli di kawasan tersebut dapat semakin meningkat.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan menata parkir daerah tersebut dengan sistem parkir seperti yang sudah diberlakukan di Blok M Square. DKI pun telah menetapkan kawasan parkir di Pasar Baru, Jakarta Pusat, menjadi proyek percontohan penerapan sistem tersebut.

"Kami akan menerapkan sistem tersebut di kawasan parkir on street Pasar Baru. Sistem parkirnya seperti di Blok M Square, dapat kartu dan hanya bayar sekali. Setelah berhasil, nanti akan diperluas ke Juanda, dan seluruh titik parkir on street di Jakarta," kata pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Saat ini, Pemprov DKI, sedang mempersiapkan dokumen untuk lelang operator sistem parkir tersebut. Rencananya, DKI akan melakukan lelang investasi.

Melalui lelang ini, DKI tidak perlu lagi menyiapkan uang, melainkan pemenang lelang yang akan menyiapkan dananya sebagai investasi pembangunan sistem tersebut. Ia pun menargetkan, tahun ini, sistem tersebut sudah berjalan di Pasar Baru.

Pengelolaan parkir ini sebelumnya telah dilaksanakan di Bogota, Budapest, Ulrich, London, dan China. Petugas parkir di sana pun akan direkrut menjadi pegawai dengan gaji Rp 2,5 juta per orang per bulan.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X