Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pastikan Perbaikan Pompa Air Ancol Selesai Akhir Pekan

Kompas.com - 17/06/2013, 19:33 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau tiga unit pompa penyedot air yang rusak di rumah pompa Ancol, Jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (17/6/2013). Ia memastikan perbaikan pompa rampung pada akhir pekan.

"Kumparannya rusak, ini lagi diperbaiki, Sabtu besok selesai," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu di sela-sela kunjungan tersebut.

Mantan Wali Kota Surakarta itu menjelaskan, tiga unit pompa penyedot itu sebenarnya rusak pada waktu yang berbeda. Satu pompa rusak sejak tahun lalu, satu pompa tak berfungsi sejak lima bulan lalu, dan pompa terakhir rusak pada 5 Juni 2013. Akibat kerusakan tersebut, pompa tidak bisa menyedot air pasang laut ke Kali Ancol. Air laut bercampur air dari daratan malah menggenangi Jalan RE Martadinata, Jalan Gunung Sahari, dan sebagian permukiman warga di Pademangan hingga setinggi 30-40 sentimeter.

Amsir, salah seorang petugas pintu air Ancol menjelaskan, sejak hari pertama banjir rob, sudah ada bantuan satu unit pompa portable untuk menyedot air. Namun, pompa tersebut dianggap kurang efektif. "Kalau tiga pompa itu satu pompanya mampu menyedot air 5.000 liter per detik. Tapi pompa yang sekarang hanya 4.000 liter," ujarnya.

Banjir rob di Pademangan itu terjadi sejak Kamis (13/6/2013) dan sudah surut pada Minggu kemarin. Banjir itu terjadi karena tiga unit pompa penyedot air di Ancol Barat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum tengah memperbaiki pompa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com