Kompas.com - 17/06/2013, 21:48 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Chatib Basri menjamin tidak akan bertambah empat juta orang miskin di Indonesia kalau harga BBM bersubsidi naik. Menurut Chatib, dengan adanya Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga BBM bersubsidi bisa dibantu.

"Dengan kenaikan harga BBM, penduduk miskin baru akan bertambah empat juta orang, itu kalau tidak ada kompensasi," ujar Chatib di Gedung DPR, Senin (17/6/2013).

Chatib menjelaskan, BLSM akan diberikan kepada 15,5 juta kepala keluarga. Dalam hitungannya, setiap rumah tangga ada empat orang, jadi total masyarakat yang mendapat bantuan sekitar 62,5 juta orang. "Dengan ini angka kemiskinan tidak ada peningkatan," tegas Chatib.

Saat ini DPR masih melakukan lobi untuk menyepakati postur APBN Perubahan 2013, di mana dalam rancangan APBN tersebut anggaran BLSM dimasukkan. Hingga sekarang ada empat fraksi yang menolak postur APBN Perubahan, yakni Hanura, Gerindra, PDI-P, dan PKS.

Dalam rancangan APBN Perubahan 2013, anggaran untuk BLSM mencapai Rp 27,9 triliun. Dengan anggaran tersebut, BLSM akan diberikan selama empat bulan secara berturut-turut untuk 15,5 juta kepala keluarga. (Adiatmaputra Fajar Pratama/Tribunnews)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.