Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Usulkan Kerja Sama Terkait Wahana

Kompas.com - 18/06/2013, 03:07 WIB

jakarta, kompas - Wacana kerja sama pihak swasta dan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, mendapat sorotan DPRD. Sebagian anggota Dewan menyetujui rencana itu. Namun, kerja sama tersebut dalam bentuk pembangunan wahana.

”Dengan membangun wahana, dapat menekan kemungkinan kenaikan harga tiket masuk. Pembangunan wahana sekaligus mendorong terjadinya subsidi silang pembiayaan Ragunan,” kata Ketua Komisi B (Bidang Perekonomian) DPRD DKI Jakarta Selamat Nurdin, Senin (17/6).

Dia berkeyakinan, kerja sama dengan pihak swasta bisa meningkatkan sumber pendapatan. Selama ini, Ragunan sudah dikelola baik, tetapi kekurangan dana operasional.

Rencana pelibatan swasta dalam pengelolaan Ragunan sudah pernah muncul dua tahun silam. Wacana yang pernah mencuat adalah pembangunan children zoo atau kebun binatang untuk anak-anak. Namun, kerja sama itu kandas karena kerumitan birokrasi.

Sebagai unit pelaksana teknis yang berada di bawah dinas, Ragunan tidak bisa bekerja sama tanpa persetujuan dari dinas dan badan pengelola keuangan daerah (BPKD). Jadi, prosesnya panjang dan lama.

”Kalau Wakil Gubernur sudah melontarkan wacana itu, sebaiknya cepat saja. Pemprov DKI cukup memanggil BPKD dan pihak ketiga untuk kerja sama lalu awasi pelaksanaannya. Kalau menunggu Ragunan bergerak, akan lama,” kata Selamat.

Ragunan merupakan taman margasatwa terbesar dan termurah di Indonesia. Harga tiket masuknya tergolong murah dibandingkan dengan kebun binatang lain, yaitu Rp 5.000 per orang.

Pekan lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memunculkan wacana tentang perlunya kerja sama pengelolaan Ragunan dengan pihak ketiga. Saat ini, pengelolaan tempat itu dirasa belum optimal.

Ancol siap

Secara terpisah, Wakil Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Agus Rochyadi menyatakan siap jika pihaknya ditunjuk mengelola Ragunan. Selain berpengalaman menangani satwa dan menata kawasan wisata, kerja sama itu juga menjadi peluang mengembangkan bisnis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com