Polandia Tawarkan Kerja Sama Transportasi Massal

Kompas.com - 18/06/2013, 07:33 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengembangkan kerja sama dengan Pemerintah Polandia untuk pembenahan transportasi massal. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Polandia merupakan negara pengekspor terbesar bus di Eropa dan tergolong berhasil dalam penerapan transportasi massal.

"Kita memang butuh bus yang bisa bertahan sampai 20 tahun, dan mereka punya kualitas bus seperti itu," kata Basuki, seusai bertemu perwakilan Gubernur Silesia dan Wali Kota Katowice dari Polandia, di Balaikota Jakarta, Senin (17/6/2013). Dia mengatakan, usia bus rata-rata di Indonesia hanya sembilan tahun.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menginginkan usia bus Jakarta seperti bus Singapura yang mencapai dua dasawarsa. Oleh karena itu, Basuki sangat mempertimbangkan kerja sama investasi dari Pemerintah Polandia.

Kendati demikian, untuk dapat masuk ke Indonesia, Polandia harus menggandeng rekanan lokal untuk berinvestasi. Apabila kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Polandia terjalin, target Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk program pengadaan 1.000 bus ukuran sedang dapat segera terwujud.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Konsultan Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia, Maciej Duszynski, mengakui Pemerintah Polandia datang untuk menawarkan kerja sama transportasi massal. Kualitas bus Polandia, kata dia, paling terkenal se-Eropa.

Jerman merupakan salah satu negara pemesan terbesar bus buatan Polandia. Nilai ekspor bus Polandia ke Jerman sebesar 35 miliar dollar AS. "Selain transportasi massal, kami juga membahas kerja sama terkait integrasi moda dan penanganan kemacetan. Salah satunya sterilisasi jalur transjakarta dengan memasang separator tinggi agar kendaraan selain bus transjakarta tidak bisa masuk," kata Maciej.

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X