Kompas.com - 19/06/2013, 12:40 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo mengakui memiliki pendekatan khusus untuk meredam penolakan warga atas program-program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya adalah pendekatan "politik meja makan".

Di depan ratusan mahasiswa Stikom Interstudi, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2013), Jokowi menjelaskan, suatu program kebijakan haruslah disertai dengan manajemen lapangan yang baik. Jika menemui suatu masalah, hendaknya bukan tindakan represif yang dipilih, melainkan komunikasi.

"Misalnya warga Waduk Pluit, kita sudah bertemu berkali-kali, tapi masih ada masalah. Ya, saya ajak makan saja," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, sebenarnya bisa saja Pemprov DKI menggunakan jalur cepat, yakni tindakan represif main gusur, main usir, serta main bangun. Namun, menurutnya, aksi itu bukan bagian dari kebudayaan Indonesia.

"Itu bukanlah cara yang baik. Maka, kita lakukan pendekatan yang lunak, tanpa represif tanpa Satpol PP serta petugas keamanan," lanjutnya.

Menurut Jokowi, meski memerlukan proses yang tidak sebentar, pendekatan politik meja makan dianggap ampuh meredam penolakan warga atas programnya. Buktinya, kata Jokowi, gelombang penolakan warga sekitar Waduk Pluit tak sebesar beberapa waktu lalu. Warga mulai bersedia pindah ke rumah susun sewa sederhana.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi memang pernah mengundang beberapa tokoh warga di sekitar Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, untuk makan siang bersama di gedung Balaikota, Selasa (21/5/2013) siang. Di sana, keluh kesah masyarakat terkait rencana relokasi ditumpahkan kepada Gubernurnya secara langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.