Jokowi: Saya Cek, Dua Bangku Taman Dipakai Tidur Gelandangan

Kompas.com - 19/06/2013, 13:16 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Niat Pemprov DKI Jakarta ialah ingin memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dengan memasang bangku taman. Namun, apa daya, belum 24 jam dipasang, bangku taman tersebut sudah digunakan untuk tidur tunawisma.

"Tadi malam jam 23.00 WIB saya cek, ada dua bangku yang dipakai tidur gelandangan," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo usai memberikan kuliah umum ratusan mahasiswa Stikom Interstudi, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2013) pagi. 

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, dirinya telah menginstruksikan petugas Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) untuk menjaga sejumlah bangku taman tersebut. "Entar Satpol PP patrolilah, muterin terus bangku itu," ujarnya.

Jokowi mengakui bahwa masyarakat masih tidak terbiasa menjaga fasilitas publik. Hal itu terlihat dari banyaknya fasilitas publik yang cepat rusak.

Ia mengatakan, butuh waktu proses panjang agar kesadaran warga menjaga fasilitas publik dapat muncul. Salah satunya ialah melalui penegakan hukum dari pihaknya agar hal itu tidak terulang.

"Kita ini hanya mencoba, bagaimana di setiap trotoar diberikan tempat duduk, apakah hilang, dipakai tempat tidur atau istirahat pejalan kaki. Nanti saya akan cek lagi," tutur  Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana mengadakan bangku taman sebanyak 340 unit untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna trotoar di DKI. Bangku taman tersebut rencananya dipasang dari Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, sampai Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Selasa (18/6/2013) sore, sebanyak 70 bangku diangkut truk Satpol PP untuk dipasangkan di lokasi yang telah direncanakan. Adapun sesuai dengan rencana sebanyak 340 bangku taman itu akan dipasang dengan jarak setiap 30 meter. Rencananya, bangku serupa juga akan disediakan di jalan-jalan lain di Jakarta.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X