Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, "Home Industry" Sabu Digerebek di Sidoarjo

Kompas.com - 19/06/2013, 14:15 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebuah rumah yang dijadikan tempat produksi narkoba digerebek di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (18/6/2013). Kali ini pembuatnya adalah sepasang suami istri di Dusun Pabean, Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

"Sepasang suami istri, Besi Lesmono (33) dan Natalia (30), berhasil kami amankan beserta barang bukti bahan baku dan sejumlah peralatan untuk membuat sabu-sabu," kata Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki saat dikonfirmasi, Rabu (19/6/2013).

Barang bukti sabu yang dimaksud adalah 25 gram sabu, lima paket yang masing-masing berisi 1,25 gram sabu, dua ineks dan 20 gram ganja kering. Sementara bahan baku ditemukan banyak berserakan di dapur rumah, seperti, epidrin, etanol, aseton, pentol korek, fosfor, dan CuO4.

Saat penggerebekan, polisi hanya menemukan Natalia. Sementara Besi Lasmono sedang bekerja sebagai tukang masak di Bandara Internasional Juanda. "Saat itu juga langsung kami jemput di tempat kerjanya," terang Marjuki.

Pada Kamis (13/6/2013) lalu, Polda Jatim juga menggerebek sebuah rumah tempat produksi sabu dii kompleks perumahan Puri Indah Blok DE 11, Sidoarjo. Tiga orang penghuni ditahan dalam penggerebekan itu. Industri rumahan itu diperkirakan beroperasi dua tahun terakhir dengan omzet per tahun mencapai hampir Rp 29 miliar.

Kualitas produksi sabu-sabu buatan ketiga tersangka ini cukup bagus dan diperkirakan kualitas nomor 1. Sementara wilayah edarnya menjangkau Kalimantan, Makassar (Sulawesi Selatan), Papua, Nusa Tenggara Timur, hingga Manado (Sulawesi Utara).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com