Kompas.com - 19/06/2013, 15:25 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo telah mengevaluasi aspek kebersihan di Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013. Hasil evaluasi menjadi bahan referensi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggelar Jakarta Night Festival yang bertepatan dengan hari ulang tahun ke-486 DKI Jakarta pada 22 Juni 2013.

Jokowi mengatakan, pihaknya membutuhkan setidaknya 500 petugas kebersihan. Petugas kebersihan tersebut ditugaskan di beberapa titik antara kawasan Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka, hingga Bundaran Hotel Indonesia demi menjaga kebersihan dari sampah yang dihasilkan pengunjung.

"Kita sudah minta 500 petugas, mau dari Dinas Kebersihan atau bukan. Kita ingin memberikan pelajaran kepada masyarakat, yang namanya buang sampah harus di tempatnya," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, pihaknya berkaca pada acara PPKD yang digelar 14 hingga 16 Juni 2013 lalu, sampah di acara itu mencapai angka ton. Dengan penempatan para petugas kebersihan itu, ia berharap masyarakat semakin sadar untuk menjaga kebersihan acara.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengaku siap menyediakan sebanyak 500 petugas kebersihan. Malah, ia berencana menambah jumlahnya hingga 800 orang petugas kebersihan dalam acara tersebut.

"Bayangkan saja, berdasarkan pengalaman lalu, peningkatannya 10 persen. Tahun baru kemarin misalnya sekitar 650 ton sampah," ujar Unu.

Peningkatan itu, lanjut Unu, lantaran pengunjung acara tersebut bukan hanya dari Jakarta, melainkan juga dari daerah penyangga, yakni Tangerang, Bekasi, Karawang, dan sebagainya. Unu berharap, 800 petugas kebersihan mampu menjaga jalannya acara malam ulang tahun DKI dengan baik.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2013, mendatang akan berlangsung sangat meriah. Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama telah mempersiapkan berbagai acara rakyat yang dimulai dari pagi hari. Mulai dari apel HUT di Monas hingga malam muda-mudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.