Kompas.com - 19/06/2013, 16:08 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Berdiri di atas lahan ruang terbuka hijau (RTH), sekitar 17 kios di Jalan Dharmawangsa 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dibongkar aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, Rabu (19/6/2013) siang.

"Ada 18 kios pedagang yang kita bongkar karena berdiri di atas lahan RTH," ujar Kepala Seksi Penertiban Fasilitas Umum Kota Satpol PP Jakarta Selatan Juita Herawati, Rabu (19/6/2013), di lokasi pembongkaran.

Sebelum dilakukan pembongkaran, kata Juita, pihaknya telah memberikan surat peringatan. Namun, hal tersebut tidak digubris oleh para pedagang.

"Surat peringatan terakhir itu kita berikan awal bulan Juni untuk membongkar sendiri, tetapi tidak ditaati. Makanya, kita bongkar paksa hari ini," tegasnya.

Rob'bai (49), salah satu pedagang yang mengaku sudah menggunakan kios di kawasan itu selama belasan tahun, mengatakan, meskipun tidak memiliki izin, ia rutin membayar iuran. Namun, selama membayar iuran, dia mengaku memang tidak pernah diberi kuitansi resmi dari pemerintah.

"(Biasa membayar) untuk kebersihan. Ditipu atau enggak, kita enggak tahu. Apa iya oknum atau apa saya enggak tahu," katanya.

Saat pembongkaran kios, tidak ada perlawanan dari pedagang. Para pedagang hanya bisa meratapi kios dagangan mereka dihancurkan oleh puluhan aparat dan buldoser. Sisa-sisa bahan bangunan yang masih bisa digunakan kemudian dipilih dan diangkut oleh mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.