Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Atasi Mahasiswa UBK, Polisi Hadapi Mahasiswa UKI

Kompas.com - 19/06/2013, 22:37 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa saat setelah membubarkan aksi tutup jalan mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta, Rabu (19/6/2013), polisi dibuat kembali bekerja keras oleh demonstrasi mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Salemba. Suasana yang mulai kondusif pun mendadak kembali mencekam.

Mahasiswa UBK menutup dua dari tiga jalur di Jalan Diponegoro yang menuju Jalan Salemba Raya, tepatnya di depan kantor PKPI, dengan membakar ban pada sekitar pukul 19.00 WIB. Polisi kemudian membubarkan aksi itu dengan tembakan gas air mata. Mahasiswa UBK itu pun lari ke arah kampus mereka di Jalan Kimia.

Setelah membuka Jalan Diponegoro untuk lalu lintas, sejumlah polisi menyisir Jalan Kimia untuk memaksa mahasiswa UBK masuk kampus. Namun, belum lagi selesai polisi-polisi itu menyusuri Jalan Kimia, polisi yang berjaga di Jalan Diponegoro direpotkan oleh aksi mahasiswa UKI Salemba menutup jalan di depan kampus mereka, yang berjarak sekitar 300 meter dari kampus UBK.

Polisi pun mengalihkan lalu lintas Jalan Diponegoro yang menuju Jalan Salemba Raya dan berusaha membubarkan aksi mahasiswa UKI dengan tembakan gas air mata.

Setelah mengatasi aksi mahasiswa UKI, polisi kembali membuka Jalan Diponegoro yang menuju Jalan Salemba Raya untuk lalu lintas. Untuk mencegah mahasiswa kedua universitas itu mengulang aksinya, polisi berjaga di depan kampus UKI dan di mulut Jalan Kimia.

Aksi mahasiswa UKI dan UBK itu merupakan demonstrasi menolak rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. Mereka sudah beberapa kali melakukan aksi seperti itu di Jalan Diponegoro sejak Senin (17/6/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com