Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UBK Ditangkap Polisi Saat Sembunyi di Warung

Kompas.com - 19/06/2013, 23:07 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang mahasiswa Universitas Bung Karno ditangkap polisi saat bersembunyi di sebuah warung dekat kampusnya, Jalan Kimia, Jakarta, Rabu (19/6/2013). Mahasiswa itu ditangkap atas dugaan ikut berdemonstrasi dengan menutup sebagian Jalan Diponegoro, beberapa saat sebelum penangkapan.

Mahasiswa UBK berdemonstrasi menolak rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak dengan menutup sebagian Jalan Diponegoro, tepatnya di depan kantor Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Rabu (19/6/2013).

Aksi tutup jalan itu bubar setelah polisi menembakkan gas air mata. Mahasiswa UBK melarikan diri ke arah kampus mereka. Sejumlah polisi kemudian melakukan penyisiran untuk mencegah mahasiswa kembali melakukan aksinya.

Dalam penyisiran itu, polisi memeriksa sebuah warung dan mendapati mahasiswa tersebut. Mahasiswa tersebut sempat menjadi bulan-bulanan polisi, sebelum dibawa ke Mapolsek Metro Menteng.

Sementara polisi-polisi itu melakukan penyisiran, beberapa polisi lain menghadapi aksi mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Salemba menutup jalan di depan kampus mereka. Polisi kembali menggunakan gas air mata untuk membubarkan mahasiswa UKI.

Setelah memaksa mahasiswa dari dua universitas itu masuk kampus, polisi berjaga-jaga di Jalan Diponegoro. Jalan Diponegoro sudah kembali dibuka untuk lalu lintas, tetapi kondisi jalan belum seperti sedia kala. Di jalan itu masih banyak batu dan pecahan kaca, sisa bentrokan antara mahasiswa dan polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com