Kompas.com - 19/06/2013, 23:43 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Anggi Wicaksono mengatakan, Apartemen Kalibata City yang terletak di Jalan Pahlawan, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, selama ini menjadi tempat singgah untuk warga negara Iran yang ingin mencari suaka secara ilegal ke Australia.

Menurut Anggi, warga Iran itu menempuh jalur ilegal karena sulitnya syarat untuk mengajukan suaka di Australia dan Indonesia adalah pintu masuk Australia paling mudah.

"Setelah kami analisis, sepertinya Kalibata City merupakan tempat transit untuk orang-orang yang ingin menyeberang ke Australia," ungkap Anggi, Rabu (19/6/2013).

"Jalurnya pasti dari Malaysia, terus ke kita. Di kita sekarang banyaknya di Kalibata City, baru kemudian ke Australia."

Anggi mengatakan, situasi dalam negeri yang tidak stabil mendorong warga negara Iran mencari suaka ke negara lain. Australia, lanjut Anggi, menjadi pilihan karena Australia merupakan salah satu negara yang bersedia menampung warga negara asing yang negerinya mengalami konflik internal. 

Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Jakarta Selatan sendiri saat ini menahan enam pria asal Iran atas dugaan menjadikan Indonesia tempat transit sebelum mencari suaka ke Australia. Dari enam orang itu, Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Jakarta Selatan berusaha mendapatkan informasi soal apakah ada warga negara Iran lain yang akan mencari suaka secara ilegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.