Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalibata City Tempat Singgah Pencari Suaka Ilegal

Kompas.com - 19/06/2013, 23:43 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Anggi Wicaksono mengatakan, Apartemen Kalibata City yang terletak di Jalan Pahlawan, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, selama ini menjadi tempat singgah untuk warga negara Iran yang ingin mencari suaka secara ilegal ke Australia.

Menurut Anggi, warga Iran itu menempuh jalur ilegal karena sulitnya syarat untuk mengajukan suaka di Australia dan Indonesia adalah pintu masuk Australia paling mudah.

"Setelah kami analisis, sepertinya Kalibata City merupakan tempat transit untuk orang-orang yang ingin menyeberang ke Australia," ungkap Anggi, Rabu (19/6/2013).

"Jalurnya pasti dari Malaysia, terus ke kita. Di kita sekarang banyaknya di Kalibata City, baru kemudian ke Australia."

Anggi mengatakan, situasi dalam negeri yang tidak stabil mendorong warga negara Iran mencari suaka ke negara lain. Australia, lanjut Anggi, menjadi pilihan karena Australia merupakan salah satu negara yang bersedia menampung warga negara asing yang negerinya mengalami konflik internal. 

Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Jakarta Selatan sendiri saat ini menahan enam pria asal Iran atas dugaan menjadikan Indonesia tempat transit sebelum mencari suaka ke Australia. Dari enam orang itu, Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Jakarta Selatan berusaha mendapatkan informasi soal apakah ada warga negara Iran lain yang akan mencari suaka secara ilegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com