Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keuntungan Ikut Mudik Gratis!

Kompas.com - 22/07/2013, 18:28 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan mengadakan program mudik gratis untuk pengendara sepeda motor pada Lebaran 2013 ini. Program ini menarik minat warga yang biasa bermudik dengan sepeda motor. Dengan mengikuti mudik gratis, mereka berharap dapat berhemat dan memperoleh keamanan dan kenyamanan.

"Bisa mengurangi ongkos juga, keselamatan di jalan raya juga. Kan banyak tingkat kecelakaannya kalau naik motor," ujar Rianto (35) di Jakarta, Senin (22/7/2013). Rianto tahun ini ingin mudik ke kampung halamannya di Wonogiri.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Marni (30). Wanita asal Surabaya ini mengaku mengikuti program mudik gratis agar dapat menghemat biaya mudik dan tidak mengalami kelelahan di perjalanan. Marni bahkan berharap agar program sejenis dilaksanakan juga ketika kembali ke Jakarta.

"Kalo bisa sih pulang-pergi gitu, jadi lebih enak lagi, lebih irit lagi," harap Marni.

Sementara itu, Prio (28), warga asal Yogyakarta, mengaku mencoba program ini demi keamanan anak dan istrinya. Pria yang baru dua tahun berumah tangga ini tidak mau membahayakan keluarganya dengan mudik menggunakan sepeda motor.

"Kalau dulu waktu masih bujang, saya lebih senang naik motor sendiri. Tapi karena sudah punya anak dan istri jadi cari yang aman," jelasnya.

Ke depannya, para peserta mudik gratis ini berharap agar program Kemenhub ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dengan lebih baik lagi. "Kalau tahun depan ada lagi ya ikut lagi, kalau bisa kuotanya ditambah," ujar Safei (41), peserta mudik gratis asal Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com