Demonstran Tuding Adanya Politik Dinasti di Kota Tangerang - Kompas.com

Demonstran Tuding Adanya Politik Dinasti di Kota Tangerang

Kompas.com - 25/07/2013, 12:38 WIB
Alsadad Rudi Ratusan pengunjuk rasa dari pasangan Arief R Wismansyah-Sachrudin saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor KPUD Kota Tangerang, Kamis (25/7/2013)

TANGERANG, KOMPAS.com — Massa pendukung bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang, Arief R Wismansyah-Sachrudin, menuding Wali Kota Tangerang Wahidin Halim ingin melakukan politik dinasti. Hal itulah yang membuatnya tidak mau menandatangani surat pengunduran diri Sachrudin dari jabatannya sebagai Camat Pinang.

Massa pendukung Arief-Sachrudin berunjuk rasa di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Tangerang, Kamis (25/7/2013) siang. Mereka mendesak KPUD Kota Tangerang untuk menetapkan pasangan Arief-Sachrudin sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Kota Tangerang 2013.

Pengunjuk rasa menuding Wahidin menghambat proses pencalonan Arief dan Sachrudin dengan tujuan agar adik kandung Wahidin, Abdul Syukur, dapat melangkah mulus sebagai wali kota berikutnya. Abdul Syukur berpasangan dengan Hilmi Fuad dan ikut maju sebagai salah satu bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang.

"Ini bukti matinya demokrasi di Kota Tangerang. Wahidin Halim ingin menjadikan adiknya sebagai Wali Kota Tangerang yang baru. Harusnya KPUD Tangerang tidak menjadi kacungnya Wahidin Halim yang menginginkan adanya politik dinasti di Kota Tangerang," kata Purnomo selaku orator unjuk rasa di depan KPUD Kota Tangerang, Kamis.

Hari ini KPUD Kota Tangerang akan melakukan rapat pleno untuk menetapkan pasangan peserta yang berhak maju sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang. Meski pengumuman belum dilakukan, beredar kabar bahwa pasangan Arief-Sachrudin tidak akan diloloskan oleh KPUD. Hal itu karena Sachrudin tidak diizinkan untuk mengundurkan diri oleh Wahidin Halim.

Hingga pukul 12.00 siang ini, surat pengunduran diri Sachrudin belum juga dikeluarkan karena belum ditandatangani oleh Wahidin. Padahal, pengumuman akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB siang ini. Sampai berita ini ditayangkan, KPUD Kota Tangerang masih melakukan rapat pleno.

Ada empat bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Tangerang. Mereka adalah pasangan Arief R Wismansyah-Sachrudin, Dedi Gumelar-Suratno Abu Bakar, Abdul Syukur-Hilmi Fuad, dan Harry Mulya Zein-Iskandar.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorLaksono Hari Wiwoho

Close Ads X