Kompas.com - 10/09/2013, 17:49 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI akan merombak Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, menjadi pasar modern. Pasar itu juga akan dilengkapi dengan hotel dan kantor.

"PD Pasar Jaya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun hotel kantor dan di bawahnya kita kasih pasar modern," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Pasar modern itu, kata dia, akan dipergunakan oleh pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini berdagang di kawasan Pasar Benhil. PD Pasar Jaya telah menghitung jumlah PKL yang akan masuk ke dalam pasar modern dan jumlahnya sudah pas dengan jumlah kios pada pasar modern.

Basuki menyebutkan, sebelum merealisasikan program itu, air di sepanjang Sungai Krukut harus dibuat bening terlebih dulu. Para pedagang di pasar modern juga hanya ditarik biaya harian. Perusahaan swasta yang akan bekerja sama dengan PD Pasar Jaya, kata dia, terpilih melalui sistem tender dan berkomitmen membangun pasar modern Benhil.

Menurut Basuki, rencana tersebut sebenarnya telah disetujui sejak Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta 2007-2012. Kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tinggal merealisasikan pembangunan pasar modern tersebut.

"Saya enggak tahu, kalau enggak salah swastanya pemilik apartemen di depan lokasi. Sebelum kami masuk, sudah disetujui Pak Fauzi Bowo," kata Basuki.

Untuk pembangunan hotel dan pasar modern itu, Basuki menyatakan bahwa Pemprov DKI tidak mengeluarkan APBD DKI 2013. Basuki menyebutkan, dana pembangunannya berasal dari PD Pasar Jaya dan perusahaan partikelir.

Menurut Basuki, swasta memiliki kewajiban membangun pasar tradisional di tiap wilayah kota. Basuki mengakui, perintah membangun pasar tradisional itu merupakan permintaan pemerintahan Jokowi dan dirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.