Beban Listrik Berlebihan, Penyebab Ledakan Gardu Induk Cawang

Kompas.com - 03/10/2013, 04:41 WIB
Ilustrasi. Instalasi di gardu induk PT PLN. www.pln.co.idIlustrasi. Instalasi di gardu induk PT PLN.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Beban listrik yang berlebihan diduga menjadi penyebab Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, meledak, Rabu (2/10/2013). Lokasi gardu induk ini berada tak jauh dari perempatan Pusat Grosir Cililitan, di sisi timur seberang halte busway PGC Cililitan.

"Beban listrik yang berlebihan menyebabkan trafo panas sehingga menimbulkan percikan api dan ledakan," kata Kompol Sri Handini, Kapolsek Kramat Jati, saat dihubungi wartawan, Rabu (2/10/2013). Dia menambahkan, ledakan ini adalah yang ketiga kali terjadi sejak 2009.

Sri menuturkan, ledakan serupa pertama kali terjadi pada September 2009. Ledakan kedua pada 16 Januari 2013, dan ledakan pada Rabu petang merupakan yang ketiga.

Sebelumnya diberitakan, Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang meledak, Rabu (2/10/2013). Dua ledakan terdengar, sebelum api melalap fasilitas di Gardu Induk milik PT PLN tersebut.

Ledakan pertama terjadi pada 19.30 WIB, dan ledakan kedua menyusul 20 menit kemudian. Dampak dari kebakaran ini, lalu lintas di sepanjang Jalan Mayjend Sutoyo macet hingga Jalan DI Panjaitan. Sebagian wilayah di Jakarta yang mendapat pasokan listrik melalui gardu ini juga sempat mengalami pemadaman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X