Jokowi Bicara Bangsa yang Berdaulat

Kompas.com - 11/11/2013, 10:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo usai memberi tali kasih Pemprov DKI kepada para atlet pelajar yang membawa DKI menjadi juara umum Popnas XII, September lalu. Tjahjo Sasongko/Kompas.comGubernur DKI Jakarta, Joko Widodo usai memberi tali kasih Pemprov DKI kepada para atlet pelajar yang membawa DKI menjadi juara umum Popnas XII, September lalu.
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bicara soal bangsa Indonesia yang berdaulat serta bagaimana mempertahankanya. Topik tersebut dikatakan saat Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional di lapangan IRTI, Monas, Jakarta, pada Senin (11/11/2013) pagi.

Saat menyampaikan pidato upacara, Jokowi mengungkapkan, kedaulatan bangsa Indonesia melalui kemerdekaan yang telah diraih saat ini merupakan hasil perjuangan, jerih payah, bahkan darah seluruh rakyat Indonesia. Kedaulatan negara ini, lanjut Jokowi, bukan diberikan secara cuma-cuma oleh penjajah.

"Sejarah mencatat, perjuangan mendirikan Indonesia jadi bangsa berdaulat bukan hadiah dari siapa pun, tapi melalui proses perjuangan panjang, heroik dan pengorbanan oleh pejuang," ujar Jokowi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut mengatakan, hari pahlawan jangan hanya sekadar seremoni. Menurutnya, harus ada upaya pemaknaan mendalam kembali di hari tersebut. Khususnya bagaimana seluruh masyarakat memaknai perjuangan Indonesia yang telah bersusah payah menjadi bangsa berdaulat.

Upaya pemaknaan tersebut, tutur Jokowi, harus diimplementasikan masyarakat dengan turut serta dalam pembangunan bangsa. "Negara ini masih menyisakan kemiskinan, ketelantaran, pengangguran, konflik yang mengganggu keharmonisan bangsa," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Jokowi mengajak seluruh masyarakat di mana pun untuk turut serta menyelesaikan persoalan bangsa tersebut. Ia berharap, berdaulat, adil, dan makmur seperti yang tertuang dalam cita-cita bangsa tidak hanya sebatas kata. Ia berharap seluruh masyarakat mewujudkan hal tersebut.

Upacara yang dihadiri ratusan pegawai negeri sipil Pemprov DKI dilaksanakan di Lapangan IRTI Monas sejak pukul 07.45. Selain Jokowi, hadir pula Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, jajaran satuan kerja perangkat daerah, dan perwakilan dari Lembaga Veteran Republik (LVRI). Meski cuaca cukup terik, upacara tersebut berlangsung cukup khidmat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X