Pagi Ini, Djoko dan Joko Akan Resmikan Tol Kebon Jeruk-Ciledug - Kompas.com

Pagi Ini, Djoko dan Joko Akan Resmikan Tol Kebon Jeruk-Ciledug

Kompas.com - 27/12/2013, 06:00 WIB
KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS KUWADO Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan Jakarta Outer Ring Road West 2 di Jakarta Barat, Kamis (19/12/2013).
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan meresmikan pengoperasian Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) ruas Kebon Jeruk-Ciledug, Jumat (27/12/2013) pagi.

Rencananya, peresmian dilaksanakan di Gerbang Meruya Utama, simpang susun Kebon Jeruk, Jumat (27/12/2013). "Iya, dibuka besok pagi (Jumat) pukul 09.00 WIB," kata Jokowi, saat ditemui wartawan di XXI Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (26/12/2013) malam.

Jokowi tak mau berandai-andai kehadiran ruas tol ini akan langsung dapat mengurai kemacetan Jakarta dan sekitarnya. Alasannya, operasional tol ini baru mencapai Ciledug, Tangerang, Banten. Menurut dia, kemacetan di Ibu Kota dan sekitarnya hanya akan berkurang sedikit.

Bila operasional tol sudah tersambung ke ruas Ulujami di Jakarta Selatan, ujar Jokowi, barulah dampak lebih besar dapat dirasakan. "(Saat itu) kemacetan Tol Dalam Kota Jakarta akan berkurang signifikan," kata dia.

Solusi macet, tunggu ruas Ulujami

Tersambungnya ruas JORR W2 dari Kebon Jeruk hinga Ulujami, kata Jokowi, akan memindahkan truk kontainer dari Tol Dalam Kota Jakarta ke sana, baik yang menuju ke Jakarta Utara maupun ke Jakarta Barat.

"Kira-kira (dampak operasional JORR W2 baru) maksimal Oktober tahun depan, (ketika) semuanya bisa dibuka. Nah, itu baru mengurangi banyak sekali kemacetan," papar Jokowi.

Penyelesaian ruas Tol Simpang Ciledug-Ulujami terhambat pembebasan lahan. Persoalan itu rampung baru-baru ini setelah pertemuan dengan warga Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, digelar sebanyak empat kali.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun sudah bisa membayarkan ganti rugi. Sebanyak 101 bidang tanah milik warga Petukangan Selatan akhirnya bisa juga dibebaskan, dengan total ganti rugi Rp 130 miliar.

Tol JORR W2 memiliki panjang 7,67 kilometer dari Kebon Jeruk hingga Ulujami. Proyek terdiri dari empat paket. Ruas yang melintasi Petukangan Selatan merupakan bagian dari pekerjaan paket keempat. Kebon Jeruk merupakan titik temu JORR W2 dengan JORR W1. Ruas JORR W1 menghubungkan jalur Penjaringan di Jakarta Utara hingga Kebon Jeruk.


EditorPalupi Annisa Auliani

Close Ads X