Pembangunan Stadion Taman BMW Diharapkan Selesai Tahun 2015

Kompas.com - 25/02/2014, 19:57 WIB
Rancangan Stadion Internasional Jakarta yang dibuat oleh PT Pandega Desain Weharima selaku pemenang sayembara desain stadion tersebut. Stadion ini direncanakan akan dibangun Taman BMW (Bersih-Manusiawi-Berwibawa) Sunter, Jakarta Utara. PT Pandega Desain WeharimaRancangan Stadion Internasional Jakarta yang dibuat oleh PT Pandega Desain Weharima selaku pemenang sayembara desain stadion tersebut. Stadion ini direncanakan akan dibangun Taman BMW (Bersih-Manusiawi-Berwibawa) Sunter, Jakarta Utara.
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional di Taman BMW, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan dimulai tahun ini dan direncanakan selesai tahun 2015.

Pengerjaan tersebut dilakukan setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan bahwa 26,2 hektar lahan dari 66,6 hektar lahan yang ada adalah milik Pemprov DKI Jakarta.

"Saat ini sedang tahap proses pembuatan sertifikat oleh BPN. 12 hektar di antaranya dijanjikan akan selesai dalam minggu ini," ujar Heru, Selasa (25/2/2014).

Terhadap sisa sekitar 14,2 hektar lagi, kata Heru, ia berharap dapat tuntas pada tahun ini.

"Sisanya nanti akan diusulkan oleh BPKD ke BPN agar diproses jadi sertifikat. Mudah-mudahan bisa tuntas tahun ini juga semoga tidak ada pihak yang berbuat onar walaupun masih ada yang mengaku atas lahan tersebut," ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga, Ratiyono, mengatakan bahwa setelah sertifikat seluas 12 hektar keluar, pihaknya akan segera mengajukan anggaran pembangungan multiyears kepada DPRD DKI.

Dari total anggaran sebesar Rp 1,2 triliun, pihaknya akan mengajukan sebesar Rp 600 miliar untuk realisasi di tahun ini.

Rencananya, sebagai tahap awal akan dilakukan proses merapikan lahan dan pembuatan struktur dasar stadion.

Taman BMW merupakan lahan yang didonasikan enam perusahaan pengembang swasta yang dikoordinasikan Agung Podomoro kepada Pemprov DKI. Lahan seluas 66 hektar itu memiliki peran penting bagi ruang terbuka hijau di Jakarta Utara.

Kawasan ini, rencananya, akan dibangun menjadi stadion sepak bola bertaraf internasional, ruang publik, dan resapan air. Dari 66,6 hektar lahan, total peruntukan lahan di taman BMW adalah 30,7 hektar berupa danau, 2,5 hektar berupa taman, dan 7,2 hektar hutan kota.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X