Selain Lampung, Pemprov DKI Incar Kerja Sama dengan Karawang - Kompas.com

Selain Lampung, Pemprov DKI Incar Kerja Sama dengan Karawang

Kompas.com - 14/03/2014, 17:17 WIB
Alsadad Rudi Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah mengadakan pembicaraan dengan Pemerintah Kabupaten Karawang untuk kerja sama urusan logistik. Diharapkan, kabupaten yang terletak di sisi timur Jakarta tersebut dapat menjadi pemasok utama hasil pertanian bagi kebutuhan warga ibu kota.

Sebelumnya pada Jumat (14/3/2014) pagi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P untuk kerja sama pembangunan sebuah pusat distribusi agro di Lampung untuk pengolahan bahan pangan yang akan masuk ke Jakarta.

"Kita selain dengan Lampung, ada sama Karawang juga. Nanti Jakpro (PD Jakarta Propertindo) yang akan urus," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota pada Jumat siang.

Menurut Basuki, kerja sama sangat penting dilakukan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan logistik bagi pasar-pasar rakyat dan pasar terpadu milik Pemprov DKI. Selain itu, kata Basuki, keterlibatannya dalam proses pengiriman logistik akan membuatnya Pemprov DKI mempunyai wewenang untuk menentukan harga di pasaran. Dengan demikian, tidak akan ada kesempatan bagi tengkulak untuk mengendalikan harga.

"Kita ingin punya pasar rakyat dan pasar terpadu. Kalau kita bisa pegang pasar, artinya kita bisa atur para pedagang. Kalau mereka tidak menjual barang sesuai dengan harga yang kami mau, maka bisa kami usir," ujar Basuki.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHindra Liauw

Close Ads X