Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadisdik Tak Fokus Kejar Kelulusan 100 Persen

Kompas.com - 12/04/2014, 13:18 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Lasro Marbun mengatakan, mengejar target kelulusan ujian nasional (UN) hingga mencapai angka 100 persen bukanlah indikator untuk mengukur kualitas peserta didik.

Menurutnya, hal terpenting adalah bagaimana mendidik peserta didik agar dapat memahami materi pelajaran secara baik, guna mendapatkan hasil secara alamiah sesuai kemampuannya masing-masing.

Maka itu, Lasro menegaskan untuk tahun ini, Dinas Pendidikan DKI tidak akan memfokuskan lagi untuk mengejar target kelulusan hingga angka 100 persen. "Daripada mengejar target lulus 100 persen, lebih baik berupaya menghilangkan kecurangan dalam UN," kata Lasro saat dihubungi, Sabtu (12/4/2014).

Meski demikian, Lasro menegaskan bahwa pihaknya tetap menginginkan agar DKI Jakarta bisa mencapai target kelulusan hingga 100 persen. Bahkan, ia berharap agar peringkat DKI lebih baik ketimbang tahun lalu yang berada di posisi kesembilan nasional.

"Supaya siswa dapat menghadapi UN secara maksimal, kami terus melakukan pendalaman ke peserta didik, serta ke kepala sekolah dan guru. Siswa juga diberikan kesiapan mental bahwa UN bukanlah momok yang menakutkan," ucapnya.

Di Provinsi DKI Jakarta sendiri, akan ada sebanyak 119.879 siswa SMA/sederajat yang akan mengikuti UN selama tiga hari, yakni dari 14-16 April 2014. Jumlah tersebut terdiri atas 28.959 siswa SMA negeri, 25.811 siswa SMA swasta, 13.558 siswa SMK negeri, dan 51.551 siswa SMK swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com