Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Award" yang Diterima Risma Diduga Tak Gratis, Harganya Rp 62 Juta

Kompas.com - 08/05/2014, 12:22 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Penghargaan dari Europe Business Assembly (EBA) yang diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini diduga tidak "gratisan".

Dugaan ini terungkap dari tokoh di sejumlah negara Eropa Timur yang pernah menerima maupun yang pernah ditawari oleh lembaga yang berbasis di Oxford Inggris tersebut.

Pengakuan para tokoh di kawasan Balkan sempat membuat heboh ketika diturunkan dalam laporan the Center for Investigative Reporting (CIN), sebuah media di Sarajevo, Agustus 2013.

CIN juga menurunkan dokumen yang dilampirkan pada formulir persetujuan menerima. Formulir ini dikirim EBA kepada para tokoh dan lembaga, yang namanya sudah dimasukkan dalam daftar nominasi penerima award.

Dokumen yang dilansir CIN memaparkan daftar tarif award untuk masing-masing kategori. Yang paling mahal adalah penghargaan International Socrates Prize, yakni senilai 9.700 euro atau setara dengan Rp 155,2 juta, dengan kurs Rp 16.000 per euro.

Untuk penghargaan kategori United Europe Award yang diterima Risma harganya dipatok senilai 3.900 euro atau setara dengan Rp 62,4 juta.

Namun, terkait hal ini, pihak Risma menyatakan sama sekali tidak pernah mengeluarkan uang untuk membeli piala. Pihak Risma hanya mengeluarkan uang 4.000 poundsterling sebagai dana partisipasi penyelenggaraan upacara penerimaan award.

Disebutkan, biaya ini mirip tiket sebagai peserta seremoni. Tiket itu bukan untuk Risma sendiri. Ada enam pejabat Surabaya yang ikut mendampinginya. Seremoni berlangsung tiga hari, 15-17 April di London.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com