Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kalau Prabowo Presiden, Saya Pasti Jadi...

Kompas.com - 13/05/2014, 18:36 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, apabila bakal calon presiden yang diusung Partai Gerindra, Prabowo Subianto, terpilih menjadi presiden dalam Pilpres 2014, dia dipastikan menduduki posisi menteri.

Basuki mengaku dia telah menitipkan satu jabatan tertentu kepada Prabowo. Lalu, jabatan apa yang diminta Basuki?

"Kalau Pak Prabowo jadi presiden, pasti saya jadi menteri. Saya minta ke beliau, dijadiin mendagri (menteri dalam negeri). Ha-ha-ha...," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Selasa (13/5/2014). 

Mengapa mendagri? Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan, dengan jabatan itu, dia bisa  mengontrol penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 33 provinsi di Indonesia. Kontrol anggaran itu akan menggunakan e-budgeting.

Sistem kontrol anggaran melalui e-budgeting ini telah diterapkan Pemprov DKI untuk mengawasi APBD tahun anggaran 2014. 

Di sisi lain, jika Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang diusung sebagai capres oleh PDI Perjuangan terpilih menjadi presiden, dia tidak akan ditarik menjadi menteri. Sebab, menurut Basuki, Jokowi menginginkannya menjabat sebagai gubernur DKI. Hal itu diupayakan agar koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah berjalan dengan baik.

"Saya mau menjadi mendagri asal saya enggak dipecat presiden dan presidennya sepaham sama saya. Kalau diatur-atur, mending saya jadi gubernur saja. Tunjangannya banyak," kelakar Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com