Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Kepulauan Seribu Minta Jembatan Cinta Diperbaiki

Kompas.com - 03/06/2014, 15:43 WIB

KEPULAUAN SERIBU, KOMPAS.com
- Pulau Tidung adalah salah satu destinasi unggulan Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Salah satu ikon wisata yang paling terkenal di Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta.

"Kami berharap instansi terkait bisa secepatnya memperbaiki kerusakan fasilitas yang ada di Dermaga Pulau Tidung," ungkap Asep Syarifudin, Bupati Kepulauan Seribu, Senin (2/6).

Asep menjelaskan, pemkab telah mengirim surat perihal kerusakan bangunan tersebut ke instansi terkait. Asep menegaskan, pihaknya siap memperbaiki dan merawat gedung tersebut apabila Dinas Perhubungan DKI Jakarta tidak berniat membenahi fasilitas tersebut.

"Serahkan saja fasilitas itu ke Kabupaten Kepulauan Seribu. Kami akan memperbaiki dan merawatnya. Bahkan, kami manfaatkan dan kembangkan untuk kepentingan warga dan para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung," ungkap Asep.

Asep mengatakan, akibat bobroknya bangunan tersebut warga sekitar sering memandang buruk kinerja lurah dan camat sekitar. Mereka, kata Asep, menilai lurah dan camat enggan untuk memperbaiki fasilitas umum tersebut.

"Warga marah kepada lurah dan camat karena tidak bisa berbuat banyak kecuali menjelaskan bahwa gedung ini adalah kewenangan Dinas Perhubungan DKI Jakarta," kata Asep.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Jasa Wisata Kepulauan Seribu, Micky Musleh, menambahkan, perbaikan fasilitas di Pulau Tidung memang harus dilakukan. Hal itu mengingat kunjungan wisatawanke Pulau Tidung cukup tinggi. Berdasarkan catatan, kata Micky, kunjungan wisatawan lokal maupun asing ke Pulau Tidung mencapai 2.500 orang setiap akhir pekan. Oleh karenanya, Micky pun mendesak agar fasilitas umum tersebut secepatnya diperbaiki.

Sementara, Kepala UP Angkutan Perairan dan Kepelabuhan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Tri Hendro, mengatakan, pihaknya akan segera memperbaiki fasilitas tersebut di tahun ini. Menurut Hendro, beberapa waktu lalu rombongan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah melakukan pengecekan untuk melihat tingkat kerusakan fasilitas itu. Tri menjanjikan akan memperbaikinya dalam waktu dekat.

"Tahun ini kami memang berencana memperbaiki fasilitas tersebut dan fasilitas lainnya yang ada di Kepulauan," kata Hendro tanpa merinci lebih detail fasilitas apa saja yang akan diperbaiki tahun ini. (faf)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com