Ada Proyek MRT, Dua Halte Transjakarta di Sisingamangaraja Dibongkar - Kompas.com

Ada Proyek MRT, Dua Halte Transjakarta di Sisingamangaraja Dibongkar

Kompas.com - 16/07/2014, 00:38 WIB
KOMPAS.com/UMMI HADYAH SALEH Sejumlah pohon di Jalan Sisingamaraja belum ditebang untuk pembangunan proyek mass rapid transit (MRT). Pohon-pohon di ruas jalan Sisingamangaraja hingga Jenderal Sudirman ditebang mulai 15 November 2013.
JAKARTA, KOMPAS.com — Dua halte bus transjakarta di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, harus dibongkar terkait pembangunan jalur mass rapid transit (MRT). Penutupan jalan pada jam tertentu akan dilakukan pula terkait pembangunan jalur MRT ini.

"(Halte yang dibongkar yaitu) Halte Bundaran Senayan dan Halte Masjid Agung," sebut Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Muhammad Nasyir, Selasa (15/7/2014). Saat ini halte pengganti disiapkan, memakai sebagian trotoar.

Halte yang akan dibangun adalah halte sisi timur, tepatnya di depan kompleks Al-Azhar dan halte sisi barat, tepatnya di ujung Jalan Hang Tuah III.

"Demi kelancaran pembangunan dua halte busway sementara ini, concrete barrier di sisi timur dan barat di depan lokasi halte busway sementara dibongkar untuk pengalihan lajur akibat pemagaran pada lokasi pembangunan halte busway sementara," kata Nasyir.

Penutupan jalan

Nasyir mengatakan, pembangunan MRT juga akan menutup ruas jalan ini pada jam-jam tertentu. Dia menyebutkan, jalur lambat sisi timur akan ditutup pada pukul 23.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Sementara itu, lanjut Nasyir, pada jam tersebut dari arah utara akan ada empat lajur jalan ditambah satu lajur untuk busway. Adapun dari arah selatan akan ada dua lajur ditambah satu lajur untuk bus transjakarta.

"Pada siang hari, lalu lintas dikembalikan seperti semula, yaitu arus lalu lintas dari arah utara dan arah selatan masing-masing empat lajur, ditambah satu lajur busway," ujar Nasyir.

Kegiatan kontruksi di Jalan Sisingamangaraja ini merupakan bagian dari pembangunan jalur layang MRT, berupa test pit dan soil investigation di area Blok M-Jalan Sisingamangaraja.

Rencananya kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, dan dilaksanakan pada Juli sampai pertengahan September 2014.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPalupi Annisa Auliani

Close Ads X