Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jaksel Akui Saksi Jokowi-JK Tak Hadiri Pembongkaran Kotak Suara

Kompas.com - 02/08/2014, 16:48 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan mengakui saksi dari pasangan Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak menghadiri pembongkaran kotak suara.

Pembongkaran kotak suara itu dilakukan menyusul adanya permohonan capres Prabowo-Hatta yang menggugat hasil pilpres di gudang kotak suara KPU di Pengadegan, Jakarta Selatan, Jumat (1/8/2014).

"Kami menghargai kalau ada yang tidak datang. Setiap orang kan punya pilihan. Yang penting kami sudah berkoordinasi, memberi tahu," kata Ketua KPU Jakarta Selatan Muhammad Ikbal, Sabtu (2/8/2014).

Menurut Ikbal, ada sekitar 130 kotak suara yang dibongkar. Adapun dokumen yang diambil untuk kepentingan gugatan Prabowo-Hatta adalah form C7 (daftar pemilih yang hadir di TPS), form AT khusus (daftar pemilih khusus tambahan), form A5, dan fotokopi KTP, KK, serta paspor yang digunakan pemilih.

Saat ini KPU tengah merapikan berkas-berkas tersebut untuk selanjutnya dibawa ke KPU DKI.

Mengenai kabar bahwa dokumen dari kotak suara yang dibongkar di Pengadegan tidak sampai ke kantor KPU Jaksel di Jalan Mampang Prapatan, Ikbal memastikan bahwa dokumen tiba di kantor KPU sekitar pukul 19.00 WIB.

Pemilahan dokumen di kantor KPU pun, menurut Ikbal, berlanjut hingga pukul 22.00 WIB. "Bagaimana bisa enggak nyampe? Itu kan dikawal polisi. Panwaslu juga ada," kata Ikbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com