Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2014, 11:23 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki kriteria untuk calon wakil yang akan mendampinginya jika ia menjadi gubernur DKI menggantikan Joko Widodo sebagai presiden terpilih. Dia menginginkan calon wakil gubernur DKI memiliki latar belakang yang baik.

"Orang-orang yang sama-sama tidak nyolong dan sama-sama mau kerja keras membangun Jakarta," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Akan ada dua calon nama wagub DKI yang diusulkan oleh dua partai pengusung Jokowi-Basuki di Pilkada 2012, yakni PDI-P dan Gerindra. Setelah itu, DPRD DKI akan memutuskan wagub DKI melalui pemungutan suara anggota DPRD. Siapa calon wagub DKI yang mendapat suara terbanyak, dialah yang berhak menjadi orang nomor dua di Ibu Kota tersebut.

Dua nama terkuat yang akan maju dalam bursa calon wagub itu adalah Boy Sadikin dan Mohammad Sanusi. Boy merupakan Ketua DPD PDI-Perjuangan DKI Jakarta, sementara Sanusi merupakan Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta.

Namun, secara pribadi, lagi-lagi Basuki tidak mau memilih antar-dua politisi dari Kebon Sirih tersebut. Dengan nada bercanda, Basuki lebih senang jika wagubnya kelak adalah artis peran, Dian Sastrowardoyo.

"Saya enggak berhak sih, ini kan urusan Gerindra-PDI-P ya. Kita 'pasrah.com' saja, enggak pernah komunikasi sekarang," kata Basuki.

Kemudian, apakah Boy dan Sanusi memenuhi kriteria wagub ideal versi Basuki, yang tidak gemar menyalahgunakan anggaran dan pekerja keras?

"Lo cek aja, tanya ke mereka (Boy dan Sanusi) hartanya gimana?" kata pria 48 tahun tersebut.

Menurut Basuki, nantinya Boy, Sanusi, maupun tokoh lainnya yang menjadi wagub DKI harus mau melaporkan harta kekayaan mereka dalam laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com