Tak Mau Bayar Parkir Lewat Mesin, Mobil Terancam Diderek

Kompas.com - 26/09/2014, 11:40 WIB
Mesin parkir meter yang terpasang Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Uno KartikaMesin parkir meter yang terpasang Jalan Sabang, Jakarta Pusat.
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Jumat (26/9/2014) ini, seluruh pembayaran parkir di Jalan Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, harus melalui mesin parkir meter. Bagi pengendara yang masih enggan menggunakan mesin parkir meter, maka sanksi derek adalah ancamannya.

"Semua (pengendara) harus mulai pakai parkir meter. Kalau tidak ya diderek oleh Dishub (Dinas Perhubungan DKI Jakarta). Kita harus membiasakan masyarakat disiplin," ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Benjamin Bukit saat peresmian mesin parkir meter.

Ketika sudah dipasang mesin parkir meter, lanjut dia, maka kendaraan yang tidak dipasangi tiket parkir yang berasal dari mesin dianggap sebagai parkir liar. "Itulah untuk kendaraan roda empat bisa kami derek," ujarnya.

Bila sudah diderek, mekanisme pengambilan kendaraan pun berlaku seperti halnya penderekan parkir liar. Pengendara perlu membayar denda sebesar Rp 500.000.

Sebagai informasi, alur penggunaan mesin parkir meter dimulai dari memarkir kendaraan pada tempatnya, kemudian menuju mesin parkir terdekat. Di mesin tersebut, pengguna parkir harus memilih jenis kendaraan yang diparkir, misalnya mobil, motor, atau truk, kemudian memasukkan nomor kendaraan.

Selanjutnya, mereka perlu memasukkan uang sesuai perkiraan lama parkir. Uang yang dimasukkan berupa koin pecahan Rp 1.000 dan Rp 500. Setelahnya akan keluar tiket parkir. Tiket parkir perlu diletakkan pada dashbroad mobil supaya jelas terlihat oleh petugas. Sementara untuk tiket parkir motor perlu ditunjukkan kepada juru parkir saat akan keluar.

Nah, bila kendaraan diparkir melebihi jam estimasi parkir yang sudah direncanakan sebelumnya, maka pengendara perlu membayar kelebihan jamnya juga melalui mesin parkir meter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X