Ribuan Lampu Jalan di Jakarta Akan Diganti Lampu Hemat Energi - Kompas.com
BrandzView

Ribuan Lampu Jalan di Jakarta Akan Diganti Lampu Hemat Energi

Kompas.com - 22/10/2014, 19:28 WIB
KOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi: Lampu penerangan jalan menyala di sekitar menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) 500 kilovolt milik PT Perusahaan Listrik Negara di Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur.
JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta akan mengganti lampu penerangan jalan umum (PJU) di semua wilayah DKI Jakarta. Rencananya PJU akan diganti dengan lampu light emitting diode (LED) atau yang dikenal dengan lampu hemat energi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Haris Pindratno mengatakan, penggantian lampu penerangan jalan bertujuan untuk penghematan.

"Saat ini, tarif listrik per kwh untuk PJU sebesar Rp 1.370. Dengan LED, kami bisa cuma bayar setengahnya. Keuntungan lainnya adalah masa pakai penggunaan lampu. Lampu biasa umurnya lebih pendek dibandingkan lampu LED yang umurnya bisa sampai 11 tahun," kata Haris, di Balaikota Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Haris memaparkan, anggaran yang digunakan untuk pergantian lampu adalah sebesar Rp 48,5 miliar. Ia menyebutkan, ada sebanyak 222.342 titik PJU yang akan diganti, di antaranya yang berlokasi di kawasan Kanal Banjir Timur, dan di jalan-jalan protokol, seperti di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

Pergantian lampu penerangan jalan mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Penghematan Energi di lingkungan Pemerintah DKI Jakarta serta Instruksi Gubernur Nomor 23 Tahun 2008 tentang Penghematan Energi dan Air.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorKistyarini

Terkini Lainnya