Ini Tips Sederhana Mengetahui Keberadaan Kamera Tersembunyi

Kompas.com - 08/12/2014, 15:31 WIB
Shutterstock Ilustrasi CCTV
TANGERANG, KOMPAS.com — Kepala Sub-Seksi Layanan Informasi Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Fauzi Ahmad, mengimbau masyarakat, terutama perempuan, untuk lebih waspada akan keberadaan kamera tersembunyi di tempat privat.

Dia juga menyampaikan tips sederhana untuk mengetahui apakah di tempat yang sedang digunakan ada kamera tersembunyi atau tidak.

"Misalkan di tempat ganti baju atau toilet, coba lakukan panggilan telepon. Kalau tidak bisa, kemungkinan ada kamera tersembunyi," ujar Fauzi kepada Kompas.com, Senin (8/12/2014).

Fauzi memaparkan bahwa kamera tersembunyi yang didesain sekecil mungkin menggunakan perangkat tertentu bisa mengganggu sinyal telepon seluler di dekatnya. Dengan demikian, jika memang saat sudah dicoba menelepon tetapi tidak bisa, kata Fauzi, lebih baik menuju tempat atau ruangan lain.


Soal beredarnya foto kamera tersembunyi berbentuk gantungan baju di media sosial yang diketemukan oleh petugas Bea dan Cukai, kata dia, sampai saat ini instansinya belum menerima laporan tersebut. [Baca: CCTV Berbentuk Gantungan Baju Ramai di Medsos, Ini Penjelasan Bea dan Cukai]

Meski demikian, Fauzi mengaku sudah berkoordinasi dengan unitnya untuk mencari tahu kebenaran info tersebut. "Ini bisa jadi benar, bisa juga salah. Masalahnya kita belum ketemu barang seperti itu. Kita juga tidak tahu Bea Cukai mana yang dimaksud," ucap Fauzi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorDesy Afrianti
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X