Djarot Sarankan Ahok Buat Ingub Pelarangan Plastik Kresek di Pusat Belanja

Kompas.com - 25/12/2014, 12:42 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat berada di Gereja Santo Yosef, Matraman, Jakarta Timur dalam rangka peninjauan pengamanan misa malam natal, Rabu (24/12/2014) Alsadad RudiWakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat berada di Gereja Santo Yosef, Matraman, Jakarta Timur dalam rangka peninjauan pengamanan misa malam natal, Rabu (24/12/2014)
|
EditorDesy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama untuk menerbitkan instruksi gubernur (Ingub) perihal pelarangan penggunaan tas plastik kresek di pusat belanja. Djarot mengatakan, pelarangan plastik kresek ini untuk menjaga lingkungan lebih baik lagi.

"Tas kresek itu hancurnya lama lho, sampai 30 tahun. Saya akan ngomong ke Pak Gubernur untuk membuat instruksi agar supermarket, warung, toko, dan pasar tidak lagi pakai kresek," kata Djarot, di rumah dinas Wakil Gubernur, di Jalan Besakih Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/12/2014).

Djarot mengatakan, pelarangan itu akan diuji coba selama tiga bulan terlebih dahulu. Tujuannya agar para pengusaha dapat beradaptasi dan mencari alternatif lain untuk memproduksi plastik yang mudah didaur ulang.


Di sisi lain, Djarot mengaku tidak takut jika mendapat perlawanan dari pengusaha plastik kresek. Sebab, lanjut dia, nantinya mereka akan diarahkan untuk memproduksi plastik yang mudah hancur dan ramah lingkungan.

Pelarangan plastik kresek ini, kata Djarot, juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Ibu Kota. "Kamu lihat enggak di Ciliwung itu di sungainya banyak apa? Plastik banyak banget ada kursi, kasur jebol, itu susah untuk disaring dan enggak bisa hancur lho," kata Djarot lagi.

Oleh karena itu, ia juga mengimbau warga untuk membawa tas dari rumah jika berbelanja di pasar dan pusat belanja. "Saya tidak berpikir program ini untuk tiga tahun ke depan, tetapi saya berpikir untuk 20 tahun ke depan. Meskipun nanti saya sudah meninggal, anak dan cucu saya bisa merasakan hasil dari program ini," ujar Djarot.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X