Terduga "Promotor" ISIS di Cibubur Sudah Kirim 10 WNI ke Suriah, 1 Tewas

Kompas.com - 27/12/2014, 14:39 WIB
Dua pertiga warga Islam di Mesir, Maroko, Indonesia dan Pakistan mendukung khalifah baru. BBCDua pertiga warga Islam di Mesir, Maroko, Indonesia dan Pakistan mendukung khalifah baru.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com - MA alias AM, terduga pengikut organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang ditangkap polisi di Cibubur, Jakarta Timur, mengaku sudah mengirim 10 orang untuk berjihad ke Suriah.

"Setelah dilakukan penangkapan, mulai terkuak MA alias AM adalah promotornya yang mengirim WNI ke Suriah. Selama ini, sudah ada 10 orang diberangkatkan oleh MA ke Suriah," kata Kasubdir Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Herry Herawan dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

Bahkan, MA mengaku salah satu orang yang dikirimnya, sudah tewas karena berjihad disana. MA menyebut orang tersebut telah berjuang di jalan Allah dan mati sahid.

"Namanya Fikrul Azril Salim, diberangkatkan pada 9 september kemarin, sudah mati sahid. Berperang dengan laskar ISIS," ucap Herry.


Herry mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan mendalam kepada MA. Diharapkan, dalang dari pengiriman WNI ke Suriah ini segera terkuak.

Sebelumnya, pada Sabtu dini hari, MA berusaha mengirim enam orang WNI ke Suriah. Namun upaya MA gagal karena keenam orang ini ditangkap saat berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Keenamnya akan terbang menumpang Qatar Airlines 959.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X