Jelang Asian Games 2018, DKI Akan Bangun Kampung Atlet di Kemayoran - Kompas.com

Jelang Asian Games 2018, DKI Akan Bangun Kampung Atlet di Kemayoran

Kompas.com - 07/01/2015, 18:06 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, di Kantor Bappenas, Selasa (6/1/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang penyelenggaraan Asian Games pada tahun 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun kampung atlet di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Hal ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Rabu (7/1/2015).

"Kami sudah bertemu Presiden dan menyampaikan akan membangun kampung atlet atau semacam wisma atlet di Kemayoran," kata Basuki.

Kampung atlet di kawasan Kemayoran itu rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 11 hektar. Di dalamnya termasuk venue aquatic dan penyediaan sarana transportasi dari Tangerang, Bandara Soekarno-Hatta, Waduk Pluit, Kota Tua, Ancol, hingga Sunter, dan dari Kelapa Gading hingga Dukuh Atas.

Ia berharap seluruh pembangunan infrastruktur selesai sebelum perhelatan Asian Games atau sekitar tahun 2017.

Pemprov DKI juga akan merehabilitasi‎ gelanggang olahraga (GOR) Velodrome di Jakarta Timur. GOR Velodrome akan direnovasi total senilai Rp 475 miliar dan mulai dikerjakan pada 2016 agar sesuai dengan standar internasional.

Venue lainnya yang akan direnovasi untuk Asian Games 2018 adalah kolam renang aquatic di kawasan Senayan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebagai cadangan, Pemprov DKI ‎menyiapkan kolam renang aquatic standar internasional yang berada di Kemayoran. "Kalau untuk venue di Gelora Bung Karno diberikan saja ke Kemenpora," kata Basuki.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Zainal Soelaiman ‎menjelaskan, pembangunan kampung atlet di Kemayoran masih akan dibahas lebih lanjut. Menurut dia, pembangunan kampung atlet itu bisa dikerjakan Pemprov DKI maupun pihak swasta, tergantung kebijakan Gubernur Basuki.

"Sekarang sedang dipersiapkan perencanaan konsep untuk pembangunan kampung atlet tersebut. Lokasi pasti pembangunan kampung atlet itu juga belum bisa diberi tahu, karena saya juga baru menjabat (jadi Kadisorda) tiga hari dan masih transisi kantor baru," ‎kata Zainal.


EditorDesy Afrianti
Close Ads X