Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Monorel Jakarta Menanti Kejelasan Nasib

Kompas.com - 09/01/2015, 14:32 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sampai saat ini belum bisa mengambil keputusan terkait nasib PT Jakarta Monorail dalam proyek pembangunan monorel di Jakarta, meski Gubernur Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama telah beberapa kali menyatakan akan memutus kerja sama dengan perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Edward Surjadjaja itu.

Menurut Sekretaris Daerah DKI Saefullah, PT JM sempat mempertanyakan kepadanya maksud dari pernyataan Ahok di media. Sebab, sampai saat ini, PT JM belum menerima surat resmi dari Pemprov DKI mengenai keputusan resmi diputuskan atau dilanjutkannya pembangunan monorel.

"Soal monorel, kita mau sikapi seperti apa. Mestinya sudah diputuskan. Tetapi, kita lapor pimpinan dulu arahnya mau ke mana. Kalau iya (pembangunan dilanjutkan) seperti apa, kalau tidak bagaimana," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Pembangunan monorel di Jakarta dimulai sekitar tahun 2004 saat era Gubernur Sutiyoso. Saat ini, saham PT JM masih dimiliki oleh PT Adhi Karya. Namun, setelah tiga tahun berjalan, pembangunannya terhenti dengan menyisakan tiang-tiang pancang di sepanjang Jalan Asia Afrika dan Jalan HR Rasuna Said.

Tahun 2011, Gubernur Fauzi Bowo menyatakan bahwa pembangunan monorel tidak akan dilanjutkan. Namun, pada sekitar Oktober 2013, proyek monorel dilanjutkan kembali oleh Gubernur Joko Widodo dengan dukungan dari Ortus Holdings pimpinan Edward.

Namun, baru sekitar sebulan berjalan, pembangunannya kembali terhenti sampai dengan saat ini. Dalam berbagai kesempatan, Ahok menyatakan tak berlanjutnya pembangunan monorel disebabkan ketidakmampuan Ortus membiayai proyek tersebut.

Ahok mengatakan, salah satu hal yang masih belum memuaskan hatinya adalah PT JM belum mampu memastikan kemampuan finansialnya sebesar 30 persen dari nilai proyek pembangunan monorel Rp 15 triliun.

"Dia bilang untuk mendanai proyek itu dari pinjaman sebesar 70 persen. Terus modal yang 30 persen mana? Kalau dana yang 30 persen didapat menunggu hasil jualan properti milik DKI terlebih dahulu, ya saya enggak mau. Mendingan saya bangun sendiri," ujar Ahok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com