Kompas.com - 24/01/2015, 16:24 WIB
Penulis Jessi Carina
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com — Tanggul Kali Sunter yang jebol di hilir jembatan Mal Artha Gading, Jakarta Utara, tengah diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum, Sabtu (24/1/2015). Tanggul jebol itu telah menyebabkan Jalan Yos Sudarso banjir.

"Tepatnya dimulai tadi pagi pukul 08.00 WIB. Diusahakan bisa selesai malam ini juga," ujar salah satu petugas Kementerian Pekerjaan Umum (PU) di lokasi tersebut, Sabtu.

Tanggul di hilir jembatan Mal Artha Gading itu sengaja dijebol untuk akses masuk kendaraan berat yang akan melakukan pengerukan Kali Sunter beberapa waktu lalu. Penjebolan tanggul akhirnya berdampak banjir pada Jumat kemarin ketika curah hujan sedang tinggi dan terjadi hampir sepanjang hari. Air dari Kali Sunter meluap dan membanjiri Jalan Yos Sudarso.

Banjir akibat jebolnya tanggul itu hanya terjadi di Jalan Yos Sudarso. Adapun banjir di tempat lain yang tak jauh dari tanggul, yaitu Mal Artha Gading, merupakan banjir lokal akibat saluran air yang tidak maksimal.

Puluhan pekerja telah memasang karung-karung berisi pasir untuk dijadikan tanggul sementara. Karung pasir itu diletakkan di beberapa lokasi tanggul yang belum diperbaiki kembali, seperti di hilir jembatan Mal Artha Gading dan tanggul di sepanjang pompa air Kelapa Gading.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, satu ekskavator digunakan untuk membantu perbaikan tanggul tersebut. Tanggul itu dibuat dengan campuran batu kali, pasir, dan semen.

Jumat kemarin, sejumlah ruas jalan di Kelapa Gading, Jakarta Utara, tergenang air akibat meluapnya saluran air dan sungai di sekitar lokasi tersebut hingga mengganggu aktivitas masyarakat dan pengemudi kendaraan. Banjir antara lain terjadi di Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading, tepatnya mulai bundaran Sentra Kelapa Gading yang mengarah ke Mall of Indonesia (MoI). Ketinggian air di tempat tersebut 10 cm hingga 50 cm. Di Jalan Yos Sudarso, banjir menyebabkan genangan air setinggi 10 cm hingga 50 cm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.